Menteri Nasir: Motor Listrik Gesist Siap Masuk Industri  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rina Widisatuti
Senin, 7 November 2016 22:09 WIB
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mencoba motor Gesits di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Senin, 7 November 2016. TEMPO/DENIS RIANTIZA

TEMPO.COJakarta - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir melepas keberangkatan touring jarak jauh sepeda motor listrik Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits) dalam rangka uji jalan, Senin, 7 November 2016. Natsir berharap peluncuran ini mendorong produksi dalam negeri.

"Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal bagi produk-produk hasil putra-putri Indonesia untuk kebangkitan teknologi," ujar Nasir dalam acara “Pelepasan Gesits Tour de Jawa-Bali” di gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Senin, 7 November 2016.

Baca: Pesanan Motor Listrik Gesits Capai 20 Ribu Unit

Gesits adalah sepeda motor listrik produk nasional hasil kerja sama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan PT Garansindo Surabaya. Kerja sama ini juga dilakukan untuk mendukung program hilirisasi hasil riset perguruan tinggi menjadi industri.

Nasir mengungkapkan, tingkat kesiapan sepeda motor Gesits secara teknologi telah mencapai angka sembilan. Menurut dia, Gesits sudah siap masuk ke industri dan ditargetkan mulai diproduksi massal pada pertengahan 2017.

Baca: Motor Listrik Gesits Siap Jajal Rute Jawa-Bali

CEO Garansindo Muhammad Al Abdullah mengatakan awalnya Gesits direncanakan masuk pasar pada 2018. Namun Menteri Nasir meminta proses produksinya dipercepat. "Pabrik sedang kami persiapkan," katanya.

Nasir menambahkan, produk-produk inovasi buatan dalam negeri harus didukung dengan kebijakan dari pemerintah. "Tanpa ada kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dengan baik, ini akan sulit," tuturnya.

DENIS RIANTIZA | RINA W.

#Sepeda Motor
#Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi
#M Nasir
#Kotamadya Jakarta Pusat | DKI Jakarta

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi