VW Sepakat Beri Kompensasi kepada 80 Ribu Pemilik VW  
Reporter: Tempo.co
Editor: Burhan Sholihin Koran - Red. Ut
Senin, 26 Desember 2016 14:53 WIB
VW Phideon (VW.COM)

TEMPO.CO, Jakarta - Seorang hakim federal mengatakan bahwa Volkswagen telah mencapai sebuah kesepakatan untuk menyediakan “kompensasi substansial” untuk sekitar 80 ribu pemilik kendaraan diesel 3.0 liter dalam upaya menyelesaikan dampak skandal emisi produsen otomotif Jerman itu.

Hakim Distrik AS, Charles Breyer, tidak mengungkapkan besaran kompensasi untuk pemilik, yang tidak termasuk dalam penyelesaian US$ 1 miliar yang mengumumkan awal pekan ini antara VW dan regulator AS, demikian pernyataan Reuters dalam laporannya, Jumat, 23 Desember 2016.

Baca juga: Sewakan Bus untuk Demo, Pemilik Dipanggil Polisi Rabu Depan

Setengah dari kompensasi akan dibayarkan pada saat Breyer memberikan persetujuan akhir dari penyelesaian. “Beberapa perbaikan untuk mesin 3.0 liter mungkin tidak disetujui hingga 2018,” kata Breyer.

Awal pekan ini, Volkswagen mencapai kesepakatan US$ 1 miliar dengan regulator AS menawarkan membeli kembali sekitar 20 ribu kendaraan, memperbaiki sisanya, 60 ribu, dan membayar US$ 225 juta menjadi dana perwalian lingkungan untuk mengimbangi kelebihan emisi kendaraannya dari yang seharusnya.

Penyelesaian mencakup kendaraan mewah VW, Audi, dan Porsche bermesin 3.0 liter. Dengan kesepakatan tersebut, Volkswagen akan menghabiskan US$ 17,5 juta di Amerika Serikat untuk menyelesaikan klaim dari pemilik serta regulator negara bagian dan federal.

Juru bicara Volkswagen, Jeannine Ginivan, mengatakan produsen mobil itu senang dengan kesepakatan penyelesaian terbaru tersebut , tapi mengatakan rincian tetap dirahasiakan untuk saat ini.

Breyer mengatakan kesepakatan akhir harus diajukan ke pengadilan pada 31 Januari, dan ia berharap bisa diadakan sidang pada 14 Februari untuk menyetujui kesepakatan, demikian Reuters melaporkan.

REUTERS | ANT

#VW | Volkswagen

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi