Honda Tarik 641 Ribu Unit Odyssey di Amerika Serikat
Reporter: Tempo.co
Editor: Rully Widayati
Selasa, 3 Januari 2017 15:00 WIB
Honda Odyssey (Dok. Honda)

TEMPO.CO, Jakarta - Aksi recall kembali dilakukan perusahaan otomotif kelas dunia, Honda Motor Co, yang menarik kembali 641.302 unit model minivan Honda Odyssey di pasar Amerika Serikat. Honda juga menghentikan pemesanan terhadap model tersebut.

Manufaktur asal Jepang tersebut menyatakan recall dilakukan terkait dengan sistem penguncian pada kursi di baris kedua yang tidak mengunci dengan baik saat kursi digeser untuk memberikan akses ke kursi di baris ketiga, kemudian dikembalikan ke posisi semula, sehingga meningkatkan risiko cedera pada penumpang di kursi baris kedua.

"Mekanisme kait yang memungkinkan kursi tengah di baris kedua untuk bergerak ke depan dan belakang mungkin tidak mengunci dengan benar," kata Honda, sebagaimana dikutip dari Autonews.com, Selasa, 3 Januari 2017.

Pihak perusahaan juga mengungkapkan aksi ini termasuk penarikan model Honda Odyssey buatan 2011-2016 yang mencapai 633.753 unit.

Meski demikian, Honda mengklaim belum ada laporan kecelakaan ataupun luka-luka akibat isu tersebut serta akan mulai menginformasikan kepada para pemilik kendaraan yang terkena aksi recall pada akhir Januari ini.

Rencananya, para dealer Honda akan memasang perangkat bracket dan spring tambahan pada kursi di baris kedua yang baru akan tersedia pada musim semi nanti karena banyaknya kebutuhan terhadap onderdil tersebut.

Honda menyampaikan, "Hingga perbaikan selesai dilakukan, para pemilik kendaraan tersebut dapat menggeser kursi ke posisi yang diinginkan dan secara manual menguncinya dengan menekan gagang penyesuaian ke posisi horizontal."

Saat ini, penjualan Honda Odyssey di pasar Amerika Serikat tercatat merosot 4,7 persen menjadi 110.435 unit selama periode 11 bulan pertama di 2016.

BISNIS.COM

#Otomotif
#Honda

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi