7 Fitur Mobil Premium yang Akan Turun Kelas di 2017  
Reporter: Tempo.co
Editor: hotma radja siregar
Sabtu, 7 Januari 2017 17:13 WIB
All New Xenia dilengkapi kamera parkir yang memudahkan pengemudi melihat kondisi di bagian belakang saat akan memarkir mobilnya . Tempo/Nur Haryanto

TEMPO.CO, Jakarta -Belum terlalu lama GPS, Bluetooth, dan seatbelt ada pada mobil-mobil mewah. Sekarang, banyak model mobil memiliki fitur-fitur tersebut. Semakin dekatnya dunia dengan mobil swakemudi, maka fitur-fitur berteknologi tinggi pada mobil-mobil masa kini pun terus berkembang.

Dibawah ini tujuh fitur teknologi modern yang diperkirakan akan diadaptasi pada mobil-mobil yang lebih terjangkau konsumen. Dengan penggunaan yang semakin luas banyak orang mendapatkan manfaatnya.

1. Sistem Stop-StartApa pun pabrikan mobil menyebutnya apakah —Stop/Start, Start/Stop, iStop, Stop-and-Go—fungsi sistem ini tetap sama. Pada dasarnya mesin mobil akan mati secara otomatis ketika mobil dalam keadaan berhenti dan mesin kembali menyala saat mobil melaju. Sistem stop-start memungkinkan pengemudi menghemat sejumlah bahan bakar.

Baca Juga: Jepang Izinkan Mobil Mirrorless Beroperasi

2. Auto High BeamTeknologi Auto high beam dapat mendeteksi mobil yang mendekat dan dibelakangnya dan secara otomatis berpindah antara beam rendah dan tinggi. Ini memungkinkan pengemudi melihat lebih baik di malam hari dan mudah mengenali bahaya.

3. Charging Nirkabel untuk Ponsel CerdasSistem charging nirkabel memberikan kenyamanan dunia. Cara bekerja sistem ini yakni dengan mengirimkan arus listrik melalui lempengan kawat (coiled wire pack) di dalam bantalan (charging pad). Hal ini selanjutnya menciptakan sebuah electromagnetic field (EMF) di sekitar permukaan charging, yang memungkinkan elektron mengalir melalui penerima dan mengisi batere piranti mobil Anda.

4. Kamera 360 derajatMenggunakan empat pasang kamera yang dipasang di setiap sisi kendaraan, teknologi ini menggabungkan gambar yang ditangkap berbagai kamera sehingga memberikan pengemudi pandangan layaknya mata burung (bird eye) dan menunjukkan gambaran lengkap sekelilingnya di layar monitor mobil. Bagi pengendara mobil yang memiliki fitur ini, tidak ada lagi alasan lagi untuk salah parkir.

Simak Juga: Alexandra Asmasoebrata Tetap Pilih Jadi Pembalap

5. Perintah Suara (voice-command)Teknologi perintah suara masih memiliki banyak tantangan seperti kemampuan memisahkan cara yang berbeda pengucapan suku kata dan kata-kata.

6. Parkir Mandiri (self-parking)Fitur terkini parkir mandiri menjadikan parkir paralel dan vertikal, sesuatu yang pasti. Bahkan sejumlah pengemudi bisa melakukannya di luar mobil menggunakan aplikasi ponsel cerdas.

7. Pemantau Tekanan BanDengan pemantau tekanan ban, pengemudi dibertahu bannya gembos atau kempes sebelum menyebabkan masalah. Kabar baiknya adalah sistem ini mudah dipasang di mobil. 

YAHOO!NEWS | HOTMA SIREGAR

#Teknologi
#Jepang

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi