Begini Tips Memilih 'Busi Merah' untuk Balap  
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Rabu, 18 Januari 2017 11:20 WIB
Busi racing atau busi merah. Foto: NGK

TEMPO.CO, Jakarta - Busi merupakan salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan bermotor, khususnya kendaraan bermesin bensin sebagai sumber listrik (pengapian). Perusahaan komponen otomotif, PT NGK Busi Indonesia, menyediakan busi racing atau di arena balap biasa disebut dengan “busi merah”. Busi ini tentu ada tips untuk memilihnya, agar cocok untuk kendaraan yang digunakan. 

Technical Support PT NGK Busi Indonesia Diko Octaviano menjelaskan busi racing adalah busi dengan desain khusus untuk mesin yang sudah mengalami peningkatan kompresi dengan perbandingan air fuel ratio tinggi. "Fungsinya tentu untuk mencapai maksimum power," kata Diko dalam keterangan tertulis, dikutip 18 Januari 2017.

Baca : Ninja 250 CC Masih Perkasa di Kelasnya

Menurut Diko, pemilihan busi racing juga harus cermat, disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Berikut tipsnya :

Pertama, bentuk metal sheel (kepala busi) harus disesuaikan dengan blok mesin dan langkah piston, jika salah memilih akan berakibat fatal piston akan menabrak busi dan menyebabkan kerusakan pada ruang bakar.

Kedua, bentuk elektroda dan kepala busi yang baik adalah busi yang mampu menahan efek pendinginan (quenching) dengan cepat agar inti api tetap terjaga dengan baik. "Jadi, bentuk elektroda dan kepala busi berperan penting dalam hal ini," ujarnya.

Baca : Yuk Intip 15 Penyegaran pada New Kijang Innova Venturer

Ketiga, lanjut dia, tingkat panasdalam proses transfer panas yang diterima busi kemudian disalurkan ke blok mesin dapat ditentukan dengan memilih angka yang tertera pada busi itu sendiri. Apakah itu busi panas atau busi dingin.

Keempat, resistorpemakaian teknologi dalam mengatur sistem pengapian menjadikan busi dengan tipe resistor wajib digunakan untuk menghindari adanya gangguan pulse elektrik yang dapat menyebabkan mesin bermasalah.

WAWAN PRIYANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi