Suzuki Ciptakan Pesaing Honda CBR dan Yamaha R15
Reporter: Tempo.co
Editor: Ali Akhmad Noor Hidayat tnr
Selasa, 24 Januari 2017 19:42 WIB
Motor Suzuki GSX-R 150 yang dipamerkan dalam acara Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 di JCC, Senayan, Jakarta, 2 November 2016. Dalam acara IMOS 2016 Suzuki mengeluarkan sepasang motor GSX-R 150 dan GSX-S 150. TEMPO/Fajar Januarta

TEMPO.CO, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) akan merilis Suzuki GSX-R 150 dalam waktu dekat. Kemunculan Suzuki GSX-R 150 akan menjadi pesaing serius dengan Honda CBR 150R dan All New Yamaha R15.

Ketiga motor itu beradu cepat pada sirkuit yang sama, yakni sirkuit kelas pasar motor sport 150 cc. Harga GSX-R 150 akan resmi diumumkan pada Februari 2017. Tapi sebelumnya, menurut rilis dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), akan diadakan acara media first ride pada Kamis pagi, 26 Januari 2017, di Sirkuit International Sentul, Jawa Barat. Siangnya dilanjutkan dengan seleksi pembalap Suzuki Asian Chalenge 2017 hingga sore.

Lihat : Suzuki Siapkan Motor Jagoan Baru di Pasar Otomotif

Pesaing Suzuki GSX-R 150 dan Honda CBR150R, All New Yamaha R15, sudah diluncurkan pada Senin lalu, 23 Januari 2017, di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. Perkenalan sepeda motor yang bertarung di kelas 150 cc itu dilakukan rider Movistart Yamaha MotoGP, Maverick Vinales. "Kami menargetkan penjualan All new R15 sebesar 7.500 unit per bulan," kata Executive Vice Presiden Director Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dynosisus Beti.

Baca : Yamaha Pakai All New R15 untuk Geser Honda CBR 150R

Adapun SIS akan meluncurkan Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 pada awal Februari 2017. Namun, pemesanan sudah dibuka secara online melalui situs www.suzukigsxrs150.com. Pemesanan dimulai beberapa sejak diluncurkan untuk pertama kalinya di dunia (world premier) di ajang Indonesia Motorcycle Show, di Jakarta Convention Center, pada 2 November 2016.

“Update per hari ini, indent Suzuki GSX-R 150 dan GSX-S 150 sudah lebih dari 600 unit,” kata Product Planning 2W Section Head SIS Audi Tarantini kepada Tempo, pada Senin, 9 Januari 2017.

Suzuki mengklaim harga jagoan barunya ini lebih kompetitif dibanding kompetitor. Di kelas motor sport 150 cc, GSX-R 150 dan GSX-S-50 akan berhadapan langsung dengan Honda CBR 150 dan Yamaha R15 yang sudah lebih dulu dipasarkan. 

LihatNew Honda CBR 150R Dipasarkan, Berapa Harganya?

Berbeda dengan pesaingnya, Suzuki GSX-R 150 mengunggulkan fitur keamanan terbaru, Keyless Ignition. Fitur yang kerap ditemukan pada mobil mewah ini diyakini lebih praktis dibanding kunci konvesional biasa. Keyless Ignition Sistem adalah teknologi yang memungkinkan pengendara mengoperasikan motor lebih mudah hanya dengan menekan tombol kunci sehingga tidak perlu menancapkannya di rumah.

Baca : Fitur - Fitur Anyar All New Yamaha R15

Posisi tempat kunci yang menyatu dengan tanki bensin  ini dilengkapi dengan led indicator blue light. Melalui video resmi yang dikirimkan pihak Suzuki, Keyless Ignition memudahkan pemilik menemukan motor di tempat parkir melalui fitur answer back.

Fitur answer back juga memungkinkan pemilik kendaraan mematikan motor dari jarak 20 meter hanya dengan memencet tombol pada kunci.

Keyless Ignition memiliki remote signal sehingga motor hanya bisa dihidupkan apabila kunci berada dalam radius satu meter dari motor. Selain itu, pengendara juga tak perlu cemas saat lupa mengunci motor di tempat parkir karena Keyless Ignition mampu mengunci otomatis jika pengendara bersama kunci menjauhi motor dengan jarak 1 meter.

Kunci ini juga membuat pengoperasian motor lebih praktis dibandingkan kunci konvensional karena posisi main switch (knob kunci) berada di sudut atas tangki. Jika knob diputar ke sudut tertentu, maka anak kunci untuk membuka tangki bensin dan jok penumpang akan terbuka.

Pemilik GSX-R 150 tak perlu khawatir jika Keyless Ignition mengalami kerusakan di jalan karena setiap kunci memiliki serial number yang bisa digunakan dalam keadaan darurat.

ALI HIDAYAT | ANTARA

#Sepeda Motor
#Suzuki

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi