Ini yang Membuat Yamaha R15 Galak saat Digeber
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Sabtu, 28 Januari 2017 18:11 WIB
Maverick Vinales (biru), pembalap tim Movistar Yamaha saat mengendarai produk motor baru Yamaha All New R15 di Sentul International Circuit , Bogor, Jawa Barat, 23 Januari 2017. TEMPO/Nurdiansah

TEMPO.CO, Jakarta - Pembalap Movistar Yamaha MotoGP Maverick Vinales menyebut All New Yamaha R15 memiliki performa yang baik. Akselerasinya cepat dan responsif. Handling juga terasa mantap.

“Saya terbiasa naik motor MotoGP. Motor ini (All New R15), mirip-miriplah dengan motor MotoGP,” kata Vinales usai menjajal All New R15 di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat, 23 Januari 2017.

Baca:Ini Alasan Yamaha Memilih All New R15 Bermesin SOHCBegini Sensasi Mengendarai Suzuki GSX R 150Hadapi Yamaha R15 dan Suzuki GSX-R150, Begini Jawaban Honda

Lalu, apa yang mampu membuat motor 150 cc itu bisa galak saat digeber di lintasan balap? Kepada Tempo, Sabtu, 28 Januari 2017, General Manager After Sales Divison PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M. Abidin memberikan penjelasannya.

Menurut dia, All New R15 menggunakan mesin 155 cc Single Overhead Camshaft (SOHC) yang dikombinasikan dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Kombinasi ini dinilasi cocok untuk motor di Indonesia. “Tenaga dan torsi yang dihasilkan maksimum di semua putaran mesin,” ujarnya.

Mesin All New R15 mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 14,2 kW pada 1.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14,7 Nm pada 8.500 rpm. "Ini adalah tenaga terbesar di kelas motor sport 150cc," klaim Abidin.

VVA merupakan bagian dari teknologi Blue Core Yamaha yang diklaim memiliki yaitu pembakaran optimal, pendinginan maksimal, dan minim gesekan. VVA juga mengoptimasi sistem setting injeksi (Fuel Injection/ FI) dengan pemetaan 3-dimensi guna mengontrol volume bahan bakar dan timing pengapian berdasarkan rpm dan bukaan gas.

Simak:Ini Bensin yang Cocok untuk Suzuki GSX-R150Maverick Vinales: All New Yamaha R15 Serasa Motor MotoGP

Pada desain body, lanjut dia, Yamaha telah melakukan pengembangan R-DNA Body Design seperti model big bike super sport yaitu Yamaha R1M dan Yamaha R6. Pengembangan desain body ini diimbangi handling stabil berkat kombinasi rangka deltabox dengan suspensi up side down dan new rear rear arm, serta ban bertapak lebar. Mungkin inilah yang membuat Vinales merasakan kemiripan saat menggeber All New R15 dengan motor MotoGP yang sering ia tunggangi.

WAWAN PRIYANTO

#Sepeda Motor
#Yamaha Motor Indonesia

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi