Toyota Luncurkan Kompetisi Manufacturing Skill Interchange
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Selasa, 21 Februari 2017 17:58 WIB
REUTERS/Toru Hanai/Files

TEMPO.CO, Jakarta -  PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia meluncurkan program Manufacturing Skill Interchange Festival (MASIF), yakni kegiatan kompetisi keahlian keterampilan diantara perusahaan pemasok.

Program ini ditujukan untuk mendorong semangat bersaing dan membangun budaya pengembangan SDM pada perusahaan pemasok. Ini  untuk  mencapai terbentuknya SDM berkualitas terbaik dengan standar global.

Baca Juga: Toyota Maksimalkan Penggunaan Konten Lokal

"SDM yang mumpuni, yang memiliki keahlian dan keterampilan tinggi merupakan kunci untuk mendorong daya saing perusahaan dan industri pada umumnya," kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa 21 Februari 2017.

MASIF dilatarbelakangi komitmen Toyota  memberikan upaya terbaik untuk berkontribusi terhadap perkembangan industri otomotif. Salah-satunya adalah melalui peningkatan kapabilitas sumber daya manusia di pelosok rantai suplai.

Industri otomotif nasional  ditargetkan sebagai pemain manufaktur global berdasarkan Rencana Induk Pengembangan Industri Nasional (2015-2035). Penyelenggaran MASIF dirancang berlangsung setiap tahun dengan jumlah peserta yang makin meningkat dan bidang yang dilombakan meluas.

Andang menambahkan melalui MASIF ini, perusahaan berupaya untuk lebih memperluas cakupan kegiatan pengembangan SDM ke rantai bisnis Toyota. "Kedepannya, kami berharap MASIF dapat berkembang dan memiliki efek domino ke semua lapis pemasok lokal sehingga lebih memberikan nilai tambah pada industri otomotif menyongsong kompetisi global yang semakin ketat."

Simak: Menjelang Diluncurkan, Pemesanan Suzuki GSX Melonjak

Pada MASIF 2017 ini, jumlah peserta tercatat 17 pemasok lapis pertama dengan 3 bidang yang dilombakan. Yakni logistik, perawatan (maintenance), dan inspeksi (inspection).

Untuk tahun berikutnya di 2018, peserta MASIF ditargetkan berjumlah 25 pemasok yang terdiri dari perusahaan lapis pertama dan kedua dengan penambahan pengelasan (welding) dan perakitan (assembly) sebagai bidang yang dilombakan. Dengan demikian  total kategori lomba menjadi 5 bidang.

Sedangkan pada 2019, kompetisi ini diharapkan akan diikuti 35 suplier dari tier 1, 2 dan 3 dengan 8 bidang yang dilombakan, yaitu logistic, maintenance, inspection, welding, assembly, press, toso dan casting.

BISNIS.COM

#Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi