Menjajal Medan Offroad Tanpa Injak Pedal Gas
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Kamis, 16 Maret 2017 19:00 WIB
Tata Xenon. TEMPO/Subekti

TEMPO.CO, Megamendung -  Produk pikap kabin ganda terbaru TATA, Xenon XT diklaim sebagai kendaraan dengan kemampuan offroad terbaik di kelasnya. Meski bukan dirancang untuk melahap medan offroad berat, tapi mobil 4X4 ini punya tenaga dan torsi terbesar di kelasnya.

"Ideal untuk melahap jalan menanjak, berbatu, dan berlumpur seperti di kawasan pertambangan dan perkebunan," kata Technical Trainer Tata Motors Distribusi Indonesia Mohamad Arief Budiman di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 16 Maret 2017.

Baca: GIIAS 2016, Pasar Respons Positif Tata Xenon XT D ...

TATA mengajak belasan jurnalis untuk membuktikan klaim itu dengan menggelar fun offroad di sirkuit Jeep Station Indonesia, Megamendung. Satu unit TATA Xenon XT standar digunakan menjajal aneka medan mulai parit berlumpur, tanjakan dan turunan curam berbatu, hingga jalur rock-crawling ringan.

Di beberapa titik, TATA Xenon XT dibiarkan melaju tanpa akselerasi. Pada sebuah tanjakan dengan kemiringan 30 derajat, mobil mampu merayap meski sopir tak menginjak pedal gas. "Ini berkat besarnya torsi yang mencapai 320 Newton Meter yang bisa dicapai dalam putaran mesin rendah," kata Arief.

TATA Xenon dibekali mesin diesel common rail Tata 2.200 cc VTT DICOR yang dikombinasi dengan transmisi manual 5 percepatan. Mesin ini mengeluarkan tenaga maksimum 148 tenaga kuda 4000 rpm dan torsi puncak 320 Nm di putaran mesin 1700-2700 rpm.

Simak: Mobil Angkutan Tata Ace Rambah Lampung

Kemampuan offroadnya ditunjang sistem penggerak 4x4 dengan fitur shift on fly 4x4. Artinya pengemudi bisa memindahkan mode penggerak dua roda ke empat roda tanpa harus menghentikan kendaraan.

Sedangkan pada fitur keamanan Xenon XT dilengkapi dua kantung udara, rem antilock brake system, side impact beams dan konstruksi bodi tiga lapis baja.

PRAGA UTAMA

#Otomotif
#Tata Motors

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi