Alami Kecelakaan, Uber Hentikan Sementara Program Swakemudi
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Minggu, 26 Maret 2017 17:45 WIB
Sejumlah kendaraan Uber dalam peluncuran di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat, 13 September 2016. Uber meluncurkan layanan taksi dengan sistem kendaraan otonom (tanpa pengemudi) dan langsung diuji coba di Pittsburgh. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Perusahaan  perusahaan rintisan dan perusahaan jaringan transportasi asal San Francisco, California, Uber Technologies Inc terpaksa menghentikan sementara uji coba program mobil swakemudi. Itu dilakukan setelah salah satu mobil mengalami kecelakaan di jalan raya Kota Tempe, negara bagian Arizona, Amerika Serikat Jumat waktu setempat.

Perusahaan melaporkan bahwa kecelakaan itu tidak sampai menimbulkan cedera serius. Untuk sementara waktu  mobil swakemudi yang mengalami musibah itu di-grounded sambil menunggu hasil investigasi.

Baca: CEO Uber Mundur dari Dewan Penasihat Donald TrumpJosie Montenegro, juru bicara Departemen Kepolisian Tempe menceritakan kronologis kecelakaan yang mengakibatkan mobil swakemudi itu terguling. Menurutnya, kecelakaan bermula saat pengemudi kendaraan lain tidak memberikan jalanmobil  Uber saat berada dalam sebuah persimpangan. "Kedua mobil itu akhirnya bertabrakan yang membuat mobil Uber terguling kesamping, ucapnya dalam sebuah email seperti dikutip dari laman 4-traders.com, Sabtu 25 Maret 2017.

Saat kecelakaan itu terjadi, ada dua orang duduk di kursi depan mobil Uber merek Volvo. Sementara kursi bagian belakang kosong. Uber menegaskan telah menetapkan standar keamanan dalam uji coba  mobil swakemudi yakni adanya pendamping pengemudi.

Dalam foto dan video yang diposting Fresco News, terlihat mobil SUV Volvo terguling pasca tabrakan. Mobil hanya mengalami kerusakan ringan.

Simak: Mengintip Sejarah Lahirnya Produsen Mobil Mewah Audi

Uber mulai melakukan uji coba mobil swakemudi di Pittsburgh tahun lalu. Saat itu manajemen Uber menyatakan bahwa mobil swakemudi tetap membutuhkan intervensi manusia, apalagi dalam kondisi cuaca buruk. Namun pemerintah setempatmelarang Uber melakukan uji coba karena pertimbangan faktor keamanan.

Kecelakaan yang menimpa mobil swakemudi ini bukan yang pertama kali. Tahun lalu, mobil swakemudi milik Tesla Motors yang tengah  melakukan uji coba mengalami kecelakaan di Williston, Florida. Mobil swakemudi yang menggunakan aplikasiGoogle Alphabet Inc menabrak truk yang mengakibatkan pengemudinya tewas.

4-TRADERS.COM|SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#Uber | Taksi Uber | Uber.com
#Amerika Serikat

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi