Perusahaan Cina Beli Pabrik Mobil GM di India
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Sabtu, 8 April 2017 08:12 WIB
General Motors Logo

TEMPO.CO, Jakarta - Perusahaan otomotif terbesar di Cina, Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC Motor Corp) membeli pabrik fasilitas produksi milik General Motors di Halol, Gujarat, India. Aksi korporasi ini terungkap dalam laporan keterbukaan informasi di Bursa Saham Shanghai.

Pembelian pabrik produksi milik GM ini merupakan ambisi SAIC Motor Corp untuk melakukan penetrasi pasar di India. Perusahaan otomotif yang berbasis di Shanghai ini telah merekrut Rajeev Chaba, mantan Kepala GM di India sebagai CEO MG Motor India. SAIC Motor menargetkan bisa segera meluncurkan mobil dengan merek MG.

Baca: Catat Rekor Baru, Penjualan SGMW di Cina 2,13 Juta Unit

Seperti dilansir dari laman autoportal.com, Jumat 7 April 2017, GM India mulai memproduksi mobil merek Opel pada 1996 dan Chevrolet 2003 di pabrik Gujarat dengan kapasitas produksi tahunan sebanyak 110 ribu unit. Sejak beberapa tahun terakhirpenjualan mobil GM di India terus merosot. Ini yang membuat perusahaan otomotif asal Amerika Serikat itu melepas pabrik produksinya di negara Bollywood.

GM diperkirakan bakal menghentikan seluruh produksinya di pabrik Gujarat pada 28 April 2017. GM masih memiliki pabrik di Telagaon. Namun kemungkinan GM juga akan menghentikan seluruh produksi mobil dengan konfigurasi setir kanan yangdigunakan di India dan hanya memproduksi Chevrolet Beat dengan setir kiri yang  diekspor ke Meksiko. Minggu lalu, produksi sedan mereka, yaitu Cruze juga sudah resmi berakhir.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#General Motors
#India

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi