Ultah ke-90, Volvo Lahir dari Obrolan Dua Sahabat di Restoran
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Sabtu, 15 April 2017 09:38 WIB
Volvo model VP444, mobil Volvo pertama yang dipasarkan di Amerika Serikat. autoweek.com

TEMPO.CO, Jakarta - Volvo merayakan ulang tahun yang ke-90 saat pertama kali perusahaan manufaktur otomotif asal Swedia itu pertama kali memproduksi mobil pada Agustus 1924.

Ide pembentukan perusahaan otomotif ini terbesit saat dua orang sahabat, Gustaf Larson dan Assar Gabrielson bertemu di sebuah restoran. Saat itu Gustaf Larson dan Assar Gabrielsson sedang berjalan-jalan di tengah kota Stockholm. Ketika melewati sebuah restoran seafood, Sturehof, mereka melihat menu udang karang. Mereka kepincut untuk menyicipi menu udang karang. Gabrielson dan Larson adalah mantan karyawan di sebuah perusahaan industri bearinga, SKF (Svenska Kullagerfabriken).

Baca: Sekali Cas, Mobil Listrik Volvo Bisa Tempuh 402 Kilometer Di tengah menyantap  makanan, mereka berdiskusi soal industri otomotif. Saat itu, pemerintah Swedia mengimpor mobil hampir mencapai 15 ribu uint per tahun dan sebagian besar dari Amerika Serikat. Mereka berpikir kenapa Swedia tidakbisa memproduksi mobil sendiri. Mereka tertantang untuk memproduksi mobil sendiri.

Sejak pertemuan di restoran Sturehof, mereka semakin intens mendiskusikan rencana untuk memproduksi mobil. Sebulan kemudian mereka mulai merancang mobil.

Larson dan Gabrielson akhirnya berhasil merancang mobil yang mereka namakan Volvo, sebuah nama latin yang artinya 'Saya memutar.". Pada tahun 1915, dua sahabat ini mendaftarkan mobil rancangan mereka dengan merek Volvo ke pemerintah di bawah label perusahaan SKF. Pada 1926, dua sahabat ini mengundurkan diri dari SKF.

Setahun kemudian Larson dan Gabrielson mendirikan perusahaan sendiri. Tanggal 14 April 1927 pagi menjadi hari yang bersejarah dan membanggakan bagi pemerintah dan warga Swedia. Pada tanggal itu mobil Volvo pertama berhasil diciptakandi pabrik Gothenburg, di pantai barat Swedia.

Baca: Volvo Luncurkan Sedan Sport S60 Polestar di India, Ini ... Mobil ciptaan Larson dan Gabrielson itu bermesin empat cilinder  dengan daya pacu 28 tenaga kuda (hp). Model pertama Volvo ini dinamakan OV4 yang artinya kendaraan dengan atap terbuka. Bodi mobil terbuat dari lembaran logam dengan cat biru tua dengan fender hitam. Selama 1927 hingga 1929, Volvo berhasil memproduksi 275 unit OV4s. Pada 1 September 1944,  Volvo memajang model PV444 di sebuah pameran di Stockholom.

Dalam dua minggu, 2.300 orang memesan Volvo model PV444 dengan harga 4.800 crown Swedia, harga yang sama dengan model pertama OV4 yang dipasarkan tahun 1927. Model PV444 memulai debut pertamanya di pasar Amerika yang dikirimmelalui Pelabuhan Long Beach California pada Agustus 1955. Semula perusahan skeptis Volvo akan gagal di pasar Amerika. Namun pada 1957, Volvo menjadi merek impor kedua terbesar di Amerika. Pada 1974, Amerika menjadi pasar terbesarVolvo.

AUTOWEEK.COM|SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#Volvo

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi