Makmur: Peminat Suzuki Ignis di Daerah Cukup Tinggi
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Senin, 24 April 2017 16:27 WIB
PT Suzuzi Indomobil Sales meluncurkan Suzuki untuk pasar Indonesia di Ritz Charlton, Jakarta Selatan, 17 April 2017. Ignis dilepas dengan harga mulari dari Rp 139,5 juta hingga Rp 169,5 juta. Tempo/Wawan Priyanto.

TEMPO.CO, Jakarta - 4W Sales Director Suzuki Indomobil Sales (SIS) Makmur mengatakan kehadiran Suzuki Ignis beberapa waktu lalu telah mendapatkan sambutan positif dari masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari animo masyarakat yang ingin melakukan test drive dengan mengunjungi dealer-dealer Suzuki di daerah.

“Cukup menggembirakan, terutama jumlah SPK atau surat pemesanan kendaraan yang masuk sangat bagus,” kata Makmur saat dihubungi Tempo, Senin, 24 April 2017.

Di Bali misalnya, kata Makmur, jumlah SPK yang masuk sudah mencapai 109 unit SPK. Padahal mobil itu diperkenalkan di Bali baru pada 21 April 2017. Lalu di Banjarmasin, SPK sudah mencapai 61 unit.

Baca: Suzuki Ignis Sudah Bisa Dibeli, Mulai Rp 139,5 JutaSuzuki Ignis Laris Manis di Yogyakarta

Di Yogyakarta permintaan juga cukup tinggi, sudah mencapai 50 unit pada Sabtu, 22 April 2017. “Secara nasional rekap SPK belum masuk semua. Tapi dari hasil itu cukup bisa dilihat bahwa Ignis sangat diterima masyarakat,” ujarnya. Interior Suzuki ignis. TEMPO/Wawan Priyanto.

Menurut Makmur, Jabodetabek masih menjadi pasar terbesar bagi Ignis. Pasar terbesar kedua Ignis adalah Surabaya sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta. Dari tiga model yang ditawarkan, varian tertinggi diprediksi menjadi varian terlaris Ignis. “Animo dan jumlah SPK ini nanti juga akan menentukan jatah pembagian unit ke setiap dealer. Disesuaikan dengan market size,” katanya.

Suzuki Ignis diluncurkan di Indonesia pada 17 April 2017. Mobil mungil bersaing dengan Honda Brio, Toyota Etios Valco, Mitsubishi Mirage, Daihatsu Sirion, dan Nissan March. Model ini dilepas dengan harga mulai Rp 139,5 juta untuk tipe GL MT, Rp 159,5 juta (GX MT) dan Rp 169,5 (GX AGS). Suzuki menargetkan penjualan Ignis sebanyak 2.000 unit per bulan.

Simak: Harga Kompetitif, Ini Target Penjualan Suzuki IgnisSuzuki Ignis bisa Upgrade Headunit Layar Sentuh, Ini Harganya

Ignis mengusung struktur body Total Effective Control Technology untuk pendukung keselamatan dan platform baru HEARTECT, berupa struktur baru high-rigid underbody bermaterial high-tensile steel memungkinkan Ignis tetap andal digunakan di jalanan offroad. Odometer Suzuki Ignis cukup sporty dan modern. TEMPO/Wawan Priyanto

Untuk menunjang mobilitas dan gaya hidup di perkotaan, Ignis menggunakan material bodi yang ringan. Bahkan memperhitungkan desain aerodinamika memungkinkan untuk memberikan efesiensi bahan bakar lebih baik saat melaju dengan kecepatan konstan. Tak hanya itu Ignis juga memiliki air intake setinggi 700 mm membuat Ignis tetap bisa menerobos genangan air ketika musim hujan.

Ignis dibekali mesin K12M berkapasitas 1.200 cc dengan konfigurasi empat silinder segaris, DOHC, VVT. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 83ps pada 6.000rpm dan torsi 113 Nm pda 4.200 rpm.Setir Suzuki Ignis dilengkapi tombol pengaturan audio dan komuniasi.

Suzuki mengklaim mesin ini memiliki performa yang baik dan efisien dalam hal bahan bakar. Dari tes jalan yang dilakukan BT2MP-BPPT, konsumsi bahan bakar Ignis mencapai 23,64 kilometer per liter transmisi manual dan 23,44 kilometer per liter untuk transmisi AGS (Auto Gear Shift).

WAWAN PRIYANTO

#Otomotif
#Suzuki

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi