Merek Mirip Nama Donald Trump, Perusahaan Otomotif Cina Di-bully
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Senin, 24 April 2017 17:31 WIB
Trumpchi GS4, mobil yang akan diluncurkan perusahaan otomotif cina, GAC mirip nama presiden Donald Trump. moneycnn.com

TEMPO.CO, Jakarta - Salah satu perusahaan manufaktur otomotif asal Cina berencana untuk ekspansi ke pasar di Amerika Serikat. Namun tampaknya mereka tengah kepusingan dengan nama merek mobil yang akan dipasarkan itu yakni Trumpchi.

Perusahaan otomotif itu, Guangzhou Automobile Group (GAC) sempat memajang mobil merek Trumpchi pada Detroit Motor Show 2017 bulan Januari lalu. Namun banyak mendapat kritikan dan olok-olok di  media sosial karena merek mobil itu mirip dengan nama Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Baca: Perusahaan Suku Cadang Mobil Cina Akan Buka Pabrik di ... Juru bicara GAC mengatakan kepada CNNMoney bahwa perusahaan tengah melakukan konsultasi dan penelitian kemungkinan apakah akan mengganti merek Trumpchi atau tidak. GAC membantah mendompleng nama Presiden Donald Trump untuk mendongkrak penjualan di Amerika. "Kesamaan nama tersebut benar-benar tidak disengaja. Bahkan kami tidak tahu bahwa Donald Trump akan menjadi presiden," kata juru bicara itu kepada Reuters di sela-sela Shanghai Motor Show yang dilangsungkan dari 21 - 28 April 2017.

"Kami sempat berpikir, kenapa kami harus mengganti nama karena mirip dengan presiden terpilih Amerika. Tapi ternyata penolakan terhadap Trump begitu tinggi."

Sebelumnya dua pabrikan mobil Cina, Geely dan BYD pernah mencoba menjajal pasar Amerika tahun lalu, namun kandas. Apakah GAC yang baru mempekenalkan merek mobilnya sudah dibully nitizen, akan mengalami nasib serupa?

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#Cina

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi