Beda MPV Dahulu dan Sekarang, Kini Lebih Keren
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Rabu, 26 April 2017 11:23 WIB
Pekerja merakit mobil Mitsubisi Pajero di pabrik baru PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), Cikarang Pusat, Bekasi, 25 April 2017. Pabrik yang dibangun sejak 2015 itu berdiri di atas lahan seluas 30 hektare. Tempo/Tony Hartawan

TEMPO.CO, Jakarta - Tren mobil penumpang serbaguna atau multi purpose vehicle (MPV) di Indonesia perlahan berubah sesuai dengan tuntutan konsumen yang menginginkan kendaraan yang memuat tujuh penumpang namun tetap terlihat bergaya.

Sejarah mobil penumpang di Indonesia bermula pada tahun 1970-an setelah PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors mengeluarkan Colt T100 atau yang dikenal dengan "Colt Bagong" yang mampu memuat banyak penumpang. Setelah itu, Toyota mengeluarkan generasi Kijang yang populer hingga sekarang diikuti mobil penumpang yang banyak bermunculan pada 1990-an.

Baca: Punya Small MPV Baru, Ini Target Penjualan Mitsubishi ... Pada saat itu, konsep utama mobil MPV adalah mampu memuat banyak penumpang dengan kualitas mesin mobil yang tangguh dan bodi serta sasis yang kokoh.

Namun dalam perkembangannya, mobil penumpang tak hanya dituntut sebagai alat angkut penumpang, melainkan berdesain sporty dan sedikit sentuhan futuristik guna memberikan pengalaman menyenangkan dan rasa bangga bagi pengendara.

"Kalau dahulu, MPV kesannya asal bisa ditumpangi. Kini yang ada nuansa keren, taste SUV, dan ciri khas itu kekuatan kami untuk menyaingi merek lain," kata Osamu Masuko selaku CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC) seusai proses peresmian pabrik Mitsubishi di Cikarang, Jawa Barat, Selasa 25 April 2017.

Osamu Masuko menjelaskan situasi dan permintaan pasar saat ini berbeda pada saat pihaknya meluncurkan Mitsubishi Kuda di pasar Indonesia menjelang tahun 2000-an. "Saat itu kami meluncurkan Kuda karena yang bisa dinaiki banyak orang dengan harga terjangkau," ucapnya.

Baca: Ssst, Ada Bocoran Test Drive Mitsubishi XM Concept Masuko menambahka  Mitsubishi telah menyiapkan mobil konsep tujuh penumpang yang dikenal dengan nama Mitsubishi XM Concept dengan fungsi layaknya MPV namun punya ciri khas SUV. "Kalau mobil konsep yang baru desainnya berbeda, juga dengan rasa mengendarai yang beda. Namun lebih ke SUV. Kita memang menggagas cara itu."  "Tidak hanya keren, tapi menyenangkan," ucapnya.

ANTARA

#Otomotif
#Mitsubishi
#Kota Cikarang

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi