IIMS 2017: Pajero Dakar Rakitan Karawang Kaya Fitur Keselamatan
Reporter: Tempo.co
Editor: Ali Akhmad Noor Hidayat tnr
Kamis, 27 April 2017 21:02 WIB
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate rakitan pabrik baru Mitsubishi di Karawang, Jawa Barat. Mobil ini diluncurkan di IIMS, Kamis, 27 April 2017. Tempo/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, Jakarta - PT Mitsubisi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi mulai memasarkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate pada pamerah otomotif Indonesia International Motor Show di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis, 27 April 2017.

Mobil ini merupakan Pajero pertama yang diproduksi di pabrik Mitsubishi di Karawang, Jawa Barat, yang baru diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Selasa, 25 April 2017. Pajero Sport Dakar rakitaan lokal ini dilepas ke pasar dengan harga jual Rp 549 juta (on the road Jabodetabek). 

Baca: Sejumlah Agen Mobil Ikuti Perhelatan IIMS 2017

Direktur Marketing Division MMKSI Irwn Kuncoro mengatakan Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate merupakan Pajero sport baru dengan beberapa pengembangan untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kepuasan konsumen dari segi penampilan maupun fitur keamanan. “Tentu juga mengedepankan kenyamanan berkendara,” kata Irwan saat dijumpai di IIMS, Kamis, 27 April 2017. 

Baca: Trik Masuk IIMS 2017 Gratis

Menurut Irwan, model baru Pajero Sport ini tampil dengan pengembangan yang sudah diaplikasikan pada kendaraan, baik dari sisi eksterior, interior, kemanan dan juga kenyamanan. Misalnya saja, fitur FCM-Forward Collision Mitigation System. Ini merupakan sensor pengereman otomatis. Fitur ini akan mencegah terjadinya tabrakan dengan kendaraan lain di depan yang terdeteksi oleh radar FCM.

Lalu ada fitur BSM-Blind Spot Waring yakni sensor kendaraan tak terlihat. Fitur ini akan mendeteksi kendaraan di sekitar (jarak sekitar 3 meter) yang berada di aera blind spot. Fitur ini juga membantu pengendara saat berpindah jalur maupun berbelok.

Fitur berikutnya adalah UMS-Ultrasonic Missacceleration Mitigation System atau sensor stop otomatis. Ini adalah fitur keselamatan berupa sensor yang akan menahan output mesin selama sekitar 5 detik saat kendaraan dalam kondisi berhenti atau hampir berhenti. Fungsinya untuk menghindari tabrakan yang disebabkan oleh kesalahan pengoperasian pedal gas. UMS juga berfungsi sebagai sensor parker depan dan belakang.

Model baru ini juga dilengkapi 7 ARS Airbag, untuk pengemudi dan penumpang baris pertama (2 unit), lutut pengemudi (1 unit), sisi depan (2 unit), dan sisi tirai (2 unit). Fitur canggih juga terdapat pada Pajero Sport rakitan lokal yakni ACC-Adaptive Cruise Control. Fitur sensor kecepatan adaptif ini dapat mempertahankan laju kendaraan pada kecepatan stabil tanpa menginjak pedal gas (cruise control) dan dilengkapi dengan kemampuan menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depan (adaptive). 

WAWAN PRIYANTO

#IIMS 2017
#Mitsubishi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi