Canggihnya 5 Fitur Keselamatan Mitsubishi Pajero Sport Dakar
Reporter: Tempo.co
Editor: Ali Akhmad Noor Hidayat tnr
Jumat, 5 Mei 2017 17:07 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Head of Product Planning Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Guntur Harling, mengatakan New Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate memiliki sejumlah keunggulan. Keunggulan itu berupa sejumlah fitur keselamatan di dalam produk itu.

"Advanced safety fitur yang membedakan varian Dakar dengan varian Pajero lainnya," kata Guntur Harling saat ditemui di ajang Indonesia International Motor Show, Jakarta International Expo Kemayoran, Kamis, 4 Mei 2017.

Baca: IIMS 2017: Pajero Dakar Rakitan Karawang Kaya Fitur 

Guntur menuturkan ada lima fitur unggulan dari sisi keselamatan, pertama adalah forward collision mitigation system atau FCM. Fitur ini berfungsi mencegah tabrakan dengan kendaraan yang berada di depan kendaraan tersebut, karena adanya sensor radar di bagian depan kendaraan. 

Baca:  Mitsubishi Hadirkan Varian Ultimate di IIMS 2017 

Fungsi sensor tersebut akan aktif dan mendeteksi keberadaan kendaraan lalu akan memberikan pengereman otomatis di jarak tertentu. Dia menambahkan fungsi itu sudah diujicobakan di kondisi lalu lintas Jakarta. "Jika pengemudi merasa terganggu dengan fungsi ini bisa dinonaktifkan dan akan berfungsi sebagai kendaraan biasa," ujar Guntur.

Fitur berikutnya adalah ultrasonik mis-acceleration mitigation system, di mana fitur ini akan menghindari tabrakan akibat kesalahan dalam menginjak pedal gas. Fitur ini akan bekerja jika tiba-tiba pengemudi menginjak pedal gas penuh secara mendadak. "Pernah ada kan kecelakaan di parkiran karena salah injak gas, niatnya mau injak rem," ucap Guntur.

Ketiga adalah fitur blindspot warning, di mana fitur ini bisa mendeteksi apabila ada kendaraan lain di sekitar kendaraan dengan adanya satu penanda di kaca spion. Diharapkan dengan adanya fitur ini resiko kecelakaan saat berbelok bisa diminimalkan.

Fitur keempat adalah 7 SRS Airbags. Airbag di mobil ini berjumlah tujuh dan ditempatkan di berbagai tempat, seperti di posisi driver dan penumpang berjumlah dua buah, satu airbag di bagian knee, dua buah di bagian front side dan curtain dua buah airbag dari row satu sampai tiga.

Terakhir ada fitur adaptive cruise control yang memiliki fungsi hampir sama dengan cruise control di mobil lainnya. Namun fitur ini memiliki fungsi adaptive yang membedakan dengan cruise control biasa.

Selain fitur dari aspek keamanan, keunggulan lainnya produk mobil ini berada dari sisi interior cabin yang menggunakan warna beige. Kemudian ada juga roof monitor 9 inchi dan audio head unit baru di kendaraan itu.

Soal warna, kata Guntur, produk ini juga memiliki perbedaan dengan produk Pajero lainnya. Mereka melakukan penyegaran di warna putih dan hitam, di mana warna putihnya dibuat lebih berkilau dan warna hitamnya lebih pekat, sedangkan warna lain yang tersedia adalah warna silver, abu, dan coklat.

DIKO OKTARA

#IIMS 2017
#Mitsubishi

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi