GM Bakal Luncurkan 10 Varian Mobil Ramah Lingkungan
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Rabu, 17 Mei 2017 17:30 WIB
General Motors Logo

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen manufaktur otomotif asal Amerika Serikat, General Motors Co (GM), bakal meluncurkan 10 varian mobil ramah lingkungan, yang mencakup hybrid, plug in hybrid, dan full electrics.

Baca: GM Rekrut 1.100 Karyawan Baru untuk Proyek ... Setelah memasarkan Cadillac CT6, mobil listrik jenis plug in hybrid di Cina, GM juga mengumumkan akan meluncurkan mobil listrik murni (full electrics), Buick, pada 2020 di Cina.

Dalam rilisnya, Selasa, 16 Mei 2017, yang dimuat Detroit News, saat ini, GM tengah berfokus pada pengembangan kendaraan ramah lingkungan. Pada bulan lalu, pabrikan mobil yang berbasis di Detroit itu meluncurkan mobil listrik murni, Chevrolet Bolt EV. Dengan tenaga baterai 60 kwh, Chevrolet Bolt EV mampu menempuh jarak 380 kilometer. Perusahaan telah menjual 4.384 unit Chevrolet Bolt EV untuk pasar lokal dengan seharga US$ 30 ribu, setelah dipotong pajak.

GM juga memperkenalkan Buick Velite 5, sedan berbasis plug in hybrid Chevrolet Volt.

Studi perusahaan riset, KcKinsey & Co, yang dirilis Januari lalu, menyebutkan harga rata-rata baterai turun dari di atas US$ 1.000 kwh menjadi US$ 227 kwh pada 2016. Diperkirakan harga terus menurun menjadi kurang dari US$ 190 kwh pada akhir 2020 dan menjadi kurang dari US$ 100 pada 2030.

Baca: Nissan Motor Tawarkan Cara Murah Menuju Mobil Listrik Kecenderungan penurunan harga baterai akan berpengaruh terhadap penjualan mobil ramah lingkungan. Berdasarkan data statistik, penjualan mobil listrik dan jenis hibrida di Amerika tahun lalu naik 37 persen menjadi 159 ribu unit.

CHINA DAILY | XINHUA | SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#General Motors
#Amerika Serikat

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi