GM Dukung Pemanfaatan Karet Alam dalam Produksi Ban
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Rabu, 17 Mei 2017 19:30 WIB
General Motors Logo (Dok. GM)

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen manufaktur otomotif asal Amerika Serikat, General Motors mendukung pengembangan karet alam  dalam memproduksi ban. Langkah itu ditempuh sebagai wujud kepedulian industri otomotif dalam upaya mengurangi dampak kerusakan lingkungan dan penggundulan hutan.

Baca: GM Rekrut 1.100 Karyawan Baru untuk Proyek ...Raksasa otomotif di Amerika itu bekerja sama dengan produsen ban seperti Bridgestone, Goodyear, Continental, dan Michelin untuk mendorong pemanfaatan karet alam dalam memproduksi ban. Selain itu juga memastikan terjaminnya rantai pasokan

GM menyebutkan bahwa pelaku industri otomotif semakin berkomitmen untuk memanfaatkan karet alam dalam produksi ban. Industri mendukung program penghijauan dan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan ketenagakerjaan.

Dengan pemanfaatan karet alam, industri otomotif telah mendukung pelestarian hutan primer dan konservasi alam serta ketersediaan karbon. Selain itu juga mendukung peningkatan hasil dan kualitas petani karet dan peningkatan usaha kecil

Sejumlah pabrikan mobil sudah mulai memanfaatkan bahan ramah lingkungan dalam proses produksinya. Sebut saja pabrikan mobil mewah merek Bantley. Produsen mobil asal Inggris ini akan menggunakan material kulit protein, kulit jamur dan kulit ubur-ubur pada interior mobilnya. Sebelumnya Bentley kerap menggunakan kulit hewan sebagai pelapis jok dan interior untuk menambah kesan mewah pada produk mereka.

Sementara Ford Motor menggandeng pemilik perusahaan minuman keras merek tequila, Jose Cuerveo dalam program mobil hijau.Keduanya akan bekerja sama untuk bereksperimen dengan kemungkinan menggunakan serat agave tersisa dari produksi tequila sebagai pengganti beberapa komponen plastik di mobil Ford.

Baca: Begini Dampak Akuisisi Unit Bisnis GM oleh Peugeot Jika eksperiman mereka berhasil, itu berarti akan  mengurangi penggunaan minyak bumi dan gas alam  yang digunakan untuk memproduksi plastik komponen seperti cup holders dan fuse boxes (kotak sekering). Tanaman fermentasi memproses banyak agave, sekitar 200-300 ton per hari sehingga memberikan Ford banyak bahan untuk memulai pekerjaan.

CAR ADVICE|SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#General Motors

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi