Jaguar XE SV Project 8, Calon Buruan Kolektor
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Sabtu, 27 Mei 2017 20:37 WIB
Jaguar XE SV Project 8. autocar.co.uk
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Tidak puas hanya memegang predikat pabrikan mobil mewah, Jaguar ingin dikenal pula sebagai pembuat mobil bertenaga besar. Seperti yang baru mereka lakukan dengan memperkenalkan Jaguar XE SV Project 8. Mobil ini bisa dikatakan sebagai 'kucing liar, karena menggunakan mesin bertenaga super besar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

XE SV Project 8 dapat memuntahkan power hingga 600 daya kuda. Adalah tim Divisi Special Vehicle Operations (SVO) Jaguar Land Rover yang menciptakan mobil ini. Keinginannya ialah melahirkan sedan mewah bertenaga paling besar, lincah dan ekstrem yang dibuat Jaguar.

Baca: Rekor Baru, 1 Mobil Jaguar Terjual Per Menit di 2016

Seperti dikutip dari Paultan, mobil ini masuk ke dalam jajaran Collectors Edition kedua yang dibuat SVO. Sebelumnya, divisi khusus ini membuat F-Type Project 7 di 2014 lalu. Dalam membuat XE SV Project 8 ini, Jaguar memproduksinya di SVO’s Technical Center yang ada di Coventry, Britania Raya.

"Waktunya tepat bagi SVO menghasilkan mobil jalan dengan perfoma paling ekstrem dalam sejarah Jaguar. Tim SVO memiliki semangat dalam kinerja dan terus berkomitmen menciptakan pengalaman berkendara yang paling mendebarkan dari yang bisa dibayangkan,” kata John Edwards, Managing Director SVO Jaguar Land Rover, dikutip dari Paultan, Jumat 26 Mei 2017.

Simak: Land Rover Luncurkan All New Discovery, Ini Harga Jualnya

Edwards menambahkan, kesuksesan pada Project F-Type 7 menjadi landasan pihaknya dalam membuat XE SV Project 8. "Mobil baru kami ini menggunakan teknik aerodinamika yang tinggi dan sempurna. Mobil ini ideal untuk para penggemar dan kolektor yang cerdas dalam memilih mobil," tambah Edwards.

Dalam membuat Jaguar XE SV Project 8, tim SVO Jaguar Land Rover membenamkan mesin V8 berkapasitas 5.0 liter supercahrged yang menghasilkan daya hingga 600 daya kuda. VSO memodifikasi gearbox serta beberapa bagian mesinnya, sehingga diklaim mampu menghasilkan power melebihi SVR F-Type. 

Untuk hasilnya, mobil ini mampu digeber hingga kecepatan 320 km/jam, sementara akselerasinya dari diam hingga 100 kilometer  per jam hanya membutuhkan waktu 3,5 detik. 

Diperkirakan, mobil ini diperkenalkan Jaguar di ajang Goodwood Festival of Speed yang berlangsung bulan depan. Untuk lebih menarik para kolektor, Jaguar menyatakan sedan bertenaga besarnya ini, XE SV Project 8 dibuat secara terbatas, hanya 300 unit. 

"Sementara sebelum resmi diperkenalkan, sedan bertenaga besar ini tengah dilakukan uji coba oleh Jaguar di Sirkuit Nürburgring Nordschleife, Jerman," ujar John.

GRANDY AJI | WAWAN PRIYANTO 

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi