Banyak yang Bilang Absen, Bagaimana Nasib Pameran Mobil di India?  
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Minggu, 28 Mei 2017 18:50 WIB
REUTERS/Arnd Wiegmann

TEMPO.CO, New Delhi - Sejumlah produsen otomotif global bisa dipastikan tidak akan berpartisipasi dalam pameran Auto Expo yang akan digelar tahun depan. Para pabrikan mobil yang dipastikan berhalangan antara lain Audi, Volkswagen, General Motors, dan Skoda.

Baca: 2030, Tak Ada Lagi Mobil Berbahan Bakar Bensin di India

Keputusan para produsen otomotif itu karena khawatir tidak akan meraih keuntungan dan kemungkinan sedikitnya peserta yang berpartisipasi. Penyelenggara pameran masih berharap keikutsertaan Nissan, Ford, dan Royal Enfield pada event yang akan digelar pada Februari mendatang. Namun perusahaan-perusahaan tersebut belum bisa memberikan kepastian.

Indian Automobile Manufacturers dan Kadin India sebagai penyelenggara Indian Auto Expo 2018 masih berharap Kia Motors dari Korea Selatan, SAIC Motor dari Cina, dan Peugeot dari Prancis bisa ikut pameran. Namun bagaimana pun juga absennya sejumlah pemain otomotif utama bakal mengecewakan dan akan berpengaruh terhadap sepinya pengunjung.

Seperti dilansir dari laman Economictimes.com, Sabtu, 27 Mei 2017, VW Group yang mengoperasikan mobil-mobil merek papan atas sudah memastikan tidak bisa ikut pameran. "Group Volkswagen telah mengambil keputusan untuk tidak berpartisipasi dalam Auto Expo 2018 yang akan datang," ucapnya.

Baca: Tingkat Polusi Tinggi, India Genjot Industri Kendaraan Listrik

Sebuah sumber menyebutkan, VW Group sebenarnya ikut merasa prihatin dengan kemungkinan sedikitnya peserta yang akan berpartisipasi dalam pameran otomotif yang akan digelar di kota yang jaraknya 30 kilometer dari New Delhi. Investasi yang besar disebut-sebut sebagai salah satu penyebab sedikitnya perusahaan yang akan ikut berpartisipasi.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#VW | Volkswagen
#India

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi