Dapat Lisensi, Mungkinkah BMW Cina Dijual di Eropa dan AS?
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Kamis, 1 Juni 2017 08:00 WIB
BMW 8-series concept. netcarshow.com

TEMPO.CO, Jakarta - Perusahaah manufaktur otomotif asal Jerman, BMW Group mendapatkan lisensi dari Pemerintah Cina untuk mengekspor mobil produksi perusahaan patungan dengan Cina, BMW Brilliance. Dengan lisensi tersebut, mobil BMW buatan Cina bisa dipasarkan kepada pelanggan di Amerika Serikat dan Eropa.

Baca:  Penjualan Super Car di Cina Naik, Segini Jumlahnya

Pabrikan mobil premium Jerman ini terus berupaya memperluas pasar di Cina melalui patungan tersebut. Namun sejauh ini BMW belum mempunyai agenda untuk menjual mobil BWM rasa Cina itu. Sebab, selama ini mobil buatan Cina mempunyai reputasi yang buruk di pasar barat terutama terkait keamanan, kenyamanan dan kehandalan.

Olaf Kastner, kepala BMW di Cina meyakinkan bahwa mobil BMW yang diproduksi di Cina memiliki kualitas yang sama baik dengan di Jerman dan Amerika. "Namun kami belum ingin mengekspor mobil tersebut meskipun sudah dapat lisensi dari otoritas Cina, karena kami masih berfokus pada pasar lokal," ucapnya seperti dilansir dari Automotive News, Rabu 31 Mei 2017.

Tahun lalu, BMW memproduksi lebih dari 300 ribu unit kendaraan di dua pabriknya di Dadong dan Tiexi, yang terletak 700 km sebelah timur Beijing di pinggiran kota Shenyang dekat perbatasan Korea Utara. Volume produksi meningkat dua kali lipat sejak tahun 2012.

Kapasitas produksi BMW Brilliance di kedua pabrik meningkat menjadi 450 ribu unit setiap tahunnya dengan adanya perluasan pabrik Dadong. Tahun depan, model keenam dari BMW tipe X akan diproduksi di pabrik Dadong. Ini akan menjadi pabrik perakitan ketiga untuk varian SUV setelah di Spartanburg, AS dan di Rosslyn, Afrika Selatan.

Baca: VW Gandeng Rekanan Perkuat Pasar di CinaNamun ada isyarat BMW akan mengekspor sedan compact BMW Seri 1 yang selama ini hanya dijual di Cina. Namun Kastner menampik dan menegaskan bahwa tidak ada rencana untuk ekspor dan semua produksi akan diserap untuk pasar lokal.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#Cina

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi