Mazda Indonesia Targetkan Penjualan 7.000 Unit Tahun Ini  
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Selasa, 6 Juni 2017 11:00 WIB
Mazda Logo

TEMPO.COSurabaya – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), siap tancap gas pada 2017. Agen pemegang merek (APM) Mazda di Tanah Air itu optimistis penjualan produk baru dan pembaruan produk (facelift) bakal cerah dibanding tahun 2016. “Tahun ini kami menargetkan penjualan 7.000 unit secara nasional,” ujar Direktur Sales, Marketing, dan PR PT EMI Ricky Thio kepada wartawan di Surabaya, Senin malam, 5 Juni 2017.

Baca: Eurokars All Out Pasarkan Mazda di Indonesia  Ricky mengatakan prospek penjualan tersebut tecermin dari angka penjualan yang cukup baik pada kuartal pertama. Pada Januari-April 2017, tercatat realisasi sekitar 1.000 unit. “Memang masih kecil, tapi ini karena EMI baru bertukar manajemen pada Februari lalu,” ucapnya. 

PT EMI adalah APM resmi Mazda per Februari 2017. Perusahaan itu menggantikan PT Mazda Motor Indonesia. Meskipun proses pergantian telah direncanakan sejak Oktober 2016, pihaknya baru restock pada April dan Mei 2017.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), penjualan Mazda mengalami penurunan tajam pada tahun lalu. Angka penjualan pabrikan mobil asal Jepang itu turun 55 persen dari 8.248 unit menjadi 4.899 unit. 

EMI, kata Ricky, kini berfokus pada pasar mobil premium. Hal itu sejalan dengan strategi perusahaan secara global yang lebih mengarahkan produk premium sejak 2 tahun terakhir. “Kami tidak bermain di segmen LCGC (low cost green car).” 

Menurut Ricky, pasar mobil premium masih menjanjikan. Apalagi pemain di segmen tersebut tak banyak. “Volume penjualan memang tidak bisa disamakan dengan low MPV, tapi pemainnya juga tak sebanyak itu,” ujarnya.

Untuk itu, PT EMI akan memperkenalkan sejumlah produk baru dan pembaruan produk hingga akhir 2017 ke seluruh Indonesia. Tujuannya agar konsumen yakin Mazda tak hengkang, tapi hanya berpindah APM.

Selain itu, kata Ricky, pihaknya bakal memperkuat hubungan dengan pelanggan melalui penyelenggaraan acara di tingkat regional. Setelah gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta, PT EMI melakukan roadshow ke lima kota besar, yakni Makassar, Medan, Bandung, Semarang, dan Surabaya. “Setelah Lebaran nanti kami juga membawa mobil baru untuk menunjukkan eksistensi.”

Salah satu produk yang dipamerkan dalam roadshow adalah Mazda CX-3, yang baru saja diluncurkan di Indonesia. Debut global Mazda CX-3 dilakukan di Los Angeles Auto Show tahun 2014. Menampilkan filosofi dan estetika desain Mazda, KODO-Soul of Motion, mobil ini meraih Red Dot Design Award pada 2016 dan menjadi salah satu finalis di World Car Design of the Year di tahun yang sama. 

Baca: Mazda Gelar Promo Ramadan dan Lebaran 2017  Menyambut kehadiran bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, Mazda juga menggelar promo khusus, yakni promo jasa perawatan kendaraan Sevice Campaign 2017 pada 29 Mei-16 Juli 2017 dan Lebaran Siaga pada 23 Juni-2 Juli 2017. Selama program Lebaran Siaga, 14 dealer Mazda di jalur mudik Lebaran akan membuka layanannya selama 24 jam.

ARTIKA RACHMI FARMITA

#Otomotif
#Mazda
#Kota Surabaya

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi