Tom Tjaarda, Perancang Mobil Mustang Meninggal Dunia
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Rabu, 7 Juni 2017 23:03 WIB
Ford Mustang A 2018, mobil sport dua pintu saat dipamerkan di Michigan International Auto Show pada awal Februari lalu. Mlive.com,

TEMPO.CO, Jakarta -Tom Tjaarda, perancang mobil sport Italia meninggal dunia pada usia 82 tahun. Bakat Tom Tjaarda kelahiran tahun 1934 diturunkan dari ayahnya, John Tjaarda berkebangsaan Belanda. John Tjaarda tersohor dengan rancangan mobil Lincoln Zephyr.

Baca: Ford Mustang, Mobil Sport Terlaris di Dunia Setelah lulus dari University of Michigan dengan meraih gelar insinyur, Tom Tjaarda yang dibesarkan di Detroit, Amerika Serikat mengadu nasib ke Italia. Tom Tjaarda memilih Italia untuk mewujudkan karirnya karena disain mobil di sana karena terkenal dengan keeksotisannya dan konsisten menelurkan produk-produk dengan wajah terbaik

Tom kemudian diterima bekerja di perusahaan disain mobil Pininfarina. Perusahaan ini didirikan oleh Battista Pinin Farina pada tahun 1930. Rumah desain terkenal akan kolaborasinya dengan Alfa Romeo, Peugeot, Maserati dan yang paling tersohor Ferrari selama 85 tahun belakangan. Nama Pininfarina sudah menempel di mobil-mobil tampan, terutama supercar di era tahun 1960an.

Di bawah firma Pininfarina, Tom Tjaarda mampu mendisain sejumlah mobil sport. Beberapa karya awalnya di tahun 1960an antara lain Innocenti 950 S Ghia Spider, Chevrolet Corvette Rondine Pininfarina, dan Ferrari 330 GT 2 + 2 Pininfarina.

Tom Tjaarda juga membidani kelahiran mobil Fiat 124 Spider Pininfarina. Mobil sport ini kemudian diproduksi ulang tahun ini tetap dengan memakai nama legendaris Fiat 124 Spider 2017.

Tjaarda kemudian memutuskan untuk hengkang dari rumah disain Pininfarina dan kemudian berlabuh di perusahaan otomotif Itlia De Tomaso. Tak lama kemudian, ia pindah lagi ke Deauville. Pada tahun 1970, Tjaarda diterima bekerja di perusahaan produsen mobil Amerika Serikat Ford Motor yang membeli Ghea. Pada 1972, ia membidani kelahiran Ford Fiesta.

Sudah banyak mobil yang lahir dari tangan dingin Tom Tjaarda, antara lain Isuzu Bellett MX1600 GT dan SportsWagon, De Tomaso Longchamp, dan berbagai versi Pantera.

Setelah bosan bekerja dengan orang lain, Tjaarda mendirikan perusahaa sendiri yang diberi nama Dimensione Design dan kemudian ganti baju dengan nama Tjaarda Design. Seperti dilansir dari laman motortrend.com, Rabu 7 Juni 2017, Tjaarda mendapat kepercayaan dari Ford untuk menggarap proyek besar mobil sport Mustang dan juga membidani mobil Shelby Series 2.

Baca: Ford Mustang Digeber di Cina Pada 2009, sport Mustang garapan Tjaarda Design tampil dalam film Fast and Furious 4. Tom Tjaarda akan selalu dikenang sebagai perancang mobil sport terbesar sepanjang masa.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#Ford

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi