Kap Mesin Sering Terbuka Sendiri, Hyundai Santa Fe Kena Recall
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Sabtu, 10 Juni 2017 23:30 WIB
New Santa Fe. hyundaimobil.co.id

TEMPO.CO, Jakarta - Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, diterpa masalah yang mengharuskan untuk melakukan tindakan penarikan (recall) hampir 600.000 unit kendaraanya. Hal ini terjadi pada model-model yang dipasarkan di Amerika Serikat.

National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) melaporkan adanya masalah pada kabel kaitan kap mesin yang berpotensi mudah korosi. Hal ini berdampak pada fungsi atau daya menguncinya yang tidak optimal.

"Ada tiga laporan yang mengatakan bahwa kap mesin terbuka sendiri. Tapi mayoritas dari semua keluhanan yang masuk justru ada hubunganya dengan kap mesin yang tidak bisa dibuka pada posisi tertutup," kata Michael Stewart, juru bicara Hyundai Amerika Serikat, seperti dikutip dari AutoNews, Sabtu 10 Juni 2017.

Baca: Kursi Rusak, Hyundai Tarik 978 Ribu Mobil di Amerika Serikat

Masalah ini melibatkan 437.400 unit Santa Fe dan Santa Fe Sport produksi 2013-2017. Setelah itu juga melanda pada Sonata sebanyak 150.000 unit, dan Genesis produksi 2015 dan 2016 sebesar 10.800 unit.

Michael mengatakan penyelidikan terhadap model Santa Fe sudah dimulai sejak tahun lalu, bahkan perbaikan sudah diterapkan pada Juni 2016.

Simak: Mesin Bermasalah, Hyundai dan Kia Recall 1,5 Juta Mobil

Dugaan sementara, masalah ini diakibatkan karena adanya sabuk garam selama musim dingin yang memang sering terjadi pada negara di bagian timur laut. Korosi akibat sabuk garam sebelumnya juga membuat masalah pada sistem lampu indikator pengereman yang tidak berkerja optimal, hal ini pun sudah diperiksa oleh Hyundai pada Mei lalu.

Rencananya Hyundai akan memulai kampanye penarikan Santa FE, Sonata, dan Genesis pada akhir Juni 2017. Seperti biasa, semua perbaikan akan dilakukan secara cuma-cuma.

GRANDY AJI | WAWAN PRIYANTO 

#Otomotif
#Hyundai

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi