VW Group Akan Rekrut Karl Thomas Neumann Jadi Bos Audi
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Senin, 12 Juni 2017 18:19 WIB
REUTERS/Arnd Wiegmann

TEMPO.CO, Frankfurt  - Produsen manufaktur otomotif Jerman Volkswagen Group mempertimbangkan untuk merekrut CEO Opel Karl Thomas Neumann untuk memimpin divisi merek mobil mewah, Audi. Sebelumnya dilaporkan bahwa Neumann mengundurkan diri dari Opel, salah satu anak usaha General Motors seperti dikatakan sumber kepada Reuters.

Baca: Gugatan Pemodal VW asal AS Disetujui Pekan lalu seperti dilaporkan media Jerman, Frankfurter Allgemeine Sonntagszeitung, Neumann mengajukan pengunduran diri dari Opel. Ini terkait keputusan General Motors untuk melepas Opel dan Opel dan Vauxhall kepada produsen otomotif Prancis PSA Group, pemilik merek Peugeot, DS dan Citroen.

Neumann bukan orang baru di VW Group. Ia pernah menjadi pemimpin VW Group untuk wilayah Cina. Pada 2013, Neumann mengundurkan diri dari VW dan bergabung dengan General Motors. Ia dipercaya memimpin unit operasinal GM di Eropa, Opel yang juga memproduksi merek Vauxhall.

Namun baik VW maupun Opel enggan memberikan komentar terkait kabar VW akan merekrut bos Opel itu.

Media Jerman itu menyebutkan bahwa Neumann (56 tahun) akan segera memberitahukan soal pengunduran dirinya kepada Dewan Pengawas Opel pada 22 Juni mendatang. Ia menyatakan masih akan bertahan sampai proses akuisisi Opel oleh PSA Group rampung. Pimpinan Opel sebelumnya menyebutkan kesepakatan akuisisi senilai USD 2,5 miliar bakal rampung pada 31 Juli mendatang.

Soal pergantian CEO Audi, Rupert Stadler ini kabarnya terkait keterlibatannya dalam skandal kecurangan emisi gas buang VW. Sumber Reuters seperti dikutip dari Auto News, Minggu 11 Juni 2017, keterlibatan Stadler membuat masa jabatannya diperpendek.

Stadler mendapat tekanan setelah jaksa di Munich juga melakukan penyelidikan dugaan keterlibatan Audi dalam skandal emisi gas buang VW. Ini setelah Kementerian Transportasi Jerman menuduh Audi juga ikut terlibat dalam skandal tersebut.

Stalder dalam wawancara dengan Automobilwoche, perusahaan media satu grup dengan Automotive News menyangkal keterlibatannya dalam skandal emisi tersebut. "Itu sebuah tuduhan yang tak beralasan," ucapnya.

Baca: Ungguli Toyota, VW Merek Mobil Terlaris 2016 Media Jerman itu juga menyebutkan bahwa Opel akan segera menunjuk pengganti Neumann. Ada tiga calon kuat yang akan menggantikan Neumann menjadi bos Opel yakni Direktur Penjualan Peter Kuespert, Direktur Keuangan Michael Lohscheller dan Direktur Pemasaran Tina Mueller.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#VW | Volkswagen
#Jerman

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi