TRAC Luncurkan Sewa Mobil Syariah, Begini Sistemnya
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Rabu, 14 Juni 2017 06:00 WIB
Tempat penyewaan mobil di Jakarta. TEMPO/ Yosep Arkian

TEMPO.CO, Jakarta - TRAC-Astra Rent a Car, jasa penyewaan mobil dari PT Serasi Autoraya (SERA) meluncurkan produk sewa mobil jangka panjang berbasis syariah.

Baca: Awal Ramadan, Mobil Bekas Mulai Diburu

Perusahaan melihat ini sebagai peluang baru melihat dukungan pemerintah terhadap bisnis berbasis syariah dan juga status Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia.

"TRAC Syariah menjadi produk pertama di Indonesia yang secara legal menghadirkan layanan ijarah, yaitu aktivitas sewa menyewa sesuai dengan hukum Islam,” kata Direktur TRAC-Astra Rent a Car Hadi Winarto, Selasa 13 Juni 2017.

Hadi  menngatakan bahwa akad ijarah membebaskan transaksi dari unsur riba, masyir, dan gharar. Selain itu perusahaan juga menjamin semua kendaraan TRAC Syariah diperoleh secara halal melalui mekanisme murabahah dan dilindungi oleh asuransi berdasarkan prinsip Islam.

Adapun keunggulan TRAC Syariah adalah keterbukaan dan keadilan pengelolaan kendaraan serta dapat dikembangkan menjadi produk mudharabah dengan konsep bagi hasil.

Produk ini telah mendapatkan rekomendasi dari Dewan Syariah Nasional untuk menjalankan bisnis layanan sewa mobil berdasarkan surat rekomendasi yang dikeluarkan pada 7 November 2016.

Saat ini layanan TRAC Syariah sudah dapat diakses melalui 34 cabang TRAC-Astra Rent a Car yang tersebar di 31 kota di Indonesia. Wilayah Sumatra tersedia di Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Lampung, Batam, dan Bangka Belitung.

Baca: Mau Cashback Menggiurkan Beli Mobil Bekas ...

Sementara itu penyewaan mobil di Pulau Jawa tersedia di Cilegon , Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang. Area Kalimantan terdapat di Pontianak, Sangata, Balikpapan, dan Banjarmasin. Terakhir di wilayah timur Indonesia tersedia di Denpasar, Lombok, Kupang, Manado, Palu, Lepo, Kendari, Makassar, Ambon, dan Sorong.

BISNIS.COM

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi