Harley Davidson Berminat Beli Ducati dari VW Group
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Kamis, 22 Juni 2017 14:00 WIB
Logo bintang warna putih yang terpampang di tangki, lampu model bulat dan pelek jari-jari memperkuat kesan klasik Harley Davidson Softail Slim S. www.harley-davidson.com

TEMPO.CO, London -Produsen motor gede (moge) asal Amerika Serikat Harley Davidson tertarik untuk mengakuisisi Ducati, perusahaan asal Italia yang kini di bawah kendali Volkswagen Group. Menurut sumber kepada Reuters, Harley Davidson akan membeli Ducati dengan nilai tawaran yang mencapai USD 1,67 miliar (Rp 21, 9 triliun).

Baca: Harley Davidson Recall 45.589 Motor Touring Tak hanya Harley Davidson, pabrikan motor India Bajaj Auto juga tertarik untuk membeli saham Ducati.Namun Bajaj belum menyebutkan berapa nilai penawaran akuisisi ini.

Harley Davidson akan menunjuk Goldman Sachs untuk menangani transaksi jual beli. Sumber Reuters menyebutkan, kesepakatan antara Harley Davidson dengan VW Group sebagai pengendali Ducati bisa tercapai pada Juli mendatang. Harley Davidson juga akan menunjuk Evercore sebagai penasihat investasi untuk akuisis produsen moge yang berbasis di Bologna, Italia.

Ducati yang didirikan tahun 1926 banyak menoreh prestasi dalam ajang kompetisi superbike. Tercatat sudah 14 tropi juara yang diraih pembalap Ducati. Carl Fogarty dan Troy Bayliss menjadi pembalap paling sukses dalam kompetisi superbike.

Harley Davidson yang didirikan tahun 1903 di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat menguasai separuh pasar moge di negara itu. Harley Davidson merupakan salah satu dari dua produsen moge yang mampu bertahan dari berbagai resesi yang menimpa Amerika.

Sempat menjadi salah satu merek moge terlaris yang digemari konsumen, Harley kini bersaing ketat dengan beberapa produsen moge, antara Honda Motor Ltd dari Jepang dan Polaris Industries Inc dari India.

Baca: Harley-Davidson Buka Pabrik di Thailand Akhir 2018 Bila Harley Davidson berhasil mengakuisisi Ducati, maka akan menjadi kekuatan Harley untuk menghadapi persaingan di industri moge.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Sepeda Motor
#Harley Davidson

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi