SAIC Motor Cina Akan Bangun Pabrik Perakitan di India
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Kamis, 29 Juni 2017 18:58 WIB
MG merek mobil Inggris yang kini diproduksi oleh perusahaan otomotif Cina, SAIC Motor bakal meluncurkan SUV compact MG XS untuk pasar Inggris. Sekilas penampilannya mirip Mazda CX-5, Foto: poultan.org

TEMPO.CO, Mumbai -SAIC Motor Corporation Limited, pabrikan mobil asal Cina akan membangun pabrik perakitan di India. Ini dilakukan produsen mobil terbesar di negeri Tirai Bambu dalam volume penjualan, untuk memperluas basis produksi di pasar luar negeri.

Baca: Perusahaan Cina Beli Pabrik Mobil GM di India Seperti dilansir dari laman europe.autonews.co yang mengutip Bloomberg, Rabu 28 Juni 2017, SAIC Motor akan memboyong merek MG untuk diproduksi di India pada 2019 mendatang.

SAIC nantinya akan mendirikan unit produksi yang akan dipimpin Rajeev Chaba, bekas eksekutif General Motors di India. Rajeev akan segera mengumumkan rincian pabrik dan rencana produksi ke depan.

SAIC akan menjadi produsen mobil Cina pertama yang memproduksi mobil penumpang di Idia. Negara ini diprediksi akan menjadi pasar kendaraan terbesar ketiga di dunia pada 2020.

Pemerintah Cina mendorong perusahaan otomotif untuk melakukan penetrasi ke luar negeri untuk memperkuat industri otomotif nasional di tingkat global.Sejumlah pabrikan mobil Cina telah menancapkan bisnisnya di luar negeri. Great Wall Motor dan Guangzhou Automobile berekspansi ke pasar Amerika Serikat. Sementara Zhejiang Geely Holding Group membeli 49 persen saham Proton Holdings Malaysia sebagai bagian ekspansi ke Asia Tenggara.

SAIC yang melakukan penggabungan usaha (merger) dengan Nanjing Automobile membeli saham mayoritas MG Rover, merek mobil legandaris dari Inggris pada 2007 setelah perusahaan ini bangkrut. Tahun lalu, MG hanya diproduksi di Cina dan hanya dijual di pasar lokal dan Inggris. Namun pada 2019 mendatang, SAIC bakal memasarkan merek MG di negara-negara Eropa.

SAIC yang juga membentuk perusahaan patungan dengan General Motors dan Volkswagen telah mengekspor mobil sport Buick Envision produksi lokal ke Amerika Utara sejak Mei tahun lalu. Perusahaan yang berkantor pusat di Shanghai ini juga berambisi untuk menjadi pemain utama di Amerika Serikat yang merupakan pasar otomotif terbesar kedua di dunia.

Baca: Catat Rekor Baru, Penjualan SGMW di Cina 2,13 Juta Unit SAIC Motor juga melakukan penetrasi pasar ke Indonesia melalui perusahaan patungan SAIC, General Motors, dan Wuling Automobile Co dengan meluncurkan mobil bermerek Wuling. Perusahaan patungan ini telah menghabiskan investasi sebesar USD 700 juta atau sekitar Rp 9,1 triliun untuk membangun pabrik di Indonesia.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#India

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi