Fitur Rem Pintar All New Mazda CX-5 Disempurnakan
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Rabu, 12 Juli 2017 11:48 WIB
All New Mazda CX-5. 11 Juli 2017. TEMPO/Wawan Priyanto.

TEMPO.CO, Banyuwangi - All New Mazda CX-5 akan diluncurkan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 10 Agustus 2017. Generasi kedua CX-5 ini telah mengalami sejumlah penyempurnaan. 

Salah satunya di sektor keselamatan. Fitur Smart City Brake Support (SCBS) kini tidak hanya dilengkapi perintah pengereman untuk menghindari benturan (collision avoided), tapi juga diserta peringatan sebelum terjadi benturan (collision warning). 

Product Planning PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Bonar Pakpahan menjelaskan fitur SCBS pada model sebelumnya menggunakan laser (near infra red beam), sedangkan pada model baru sudah mengadopsi forward sensing camera. 

Baca: Mazda CX-5 Siap Mengaspal, Simak Perkiraan Harganya

"Pengaplikasian forward sensing camera ini mampu meningkatkan kinerja sensor di bagian depan maupun samping untuk mendeteksi obyek di depan mobil," kata Bonar di Banyuwangi, Rabu, 12 Juli 2017. 

Cara kerjanya, lanjut Bonar, secara teknis sama dengan model lama. Sensor akan bekerja mendeteksi obyek di depan mobil maupun samping yang berpotensi terjadi benturan. 

Informasi yang ditangkap melalui sensor lalu dikirim ke komputer dan kemudian disajikan pada Head Up Display (HUD) yang ada pada kaca depan, tepat di depan pandangan pengemudi. "Jadi pengemudi tetap bisa lebih fokus berkendara sambil membaca informasi melalui HUD yang tersaji pada layar kaca depan," tuturnya. 

All New Mazda CX-5 ditawarkan dalam dua tipe yakni Elite dan GT. Elite merupakan tipe tertinggi dari CX-5. Model ini telah diluncurkan di Filipina beberapa waktu lalu dengan model bermesin 2.5L dijual dengan harga sekitar Rp 500 juta. Namun demikian, soal harga ini belum diputuskan oleh Mazda Indonesia. 

Simak: SUV Compact MG XS Ini Mirip Mazda CX-5 

Direktur Sales, Marketing, dan PR PT EMI Ricky Thio belum bisa memberikan kepastian. Menurutnya, EMI saat ini masih menghitung secara pasti harga yang akan diumumkan bertepatan dengan hari peluncuran mendatang. "Maaf, kami masih mendiskusikan dan mengkalkulasi harga yang ideal untuk Mazda CX-5," kata Ricky. 

Sebelum diluncurkan pada GIIAS mendatang, sebanyak 8 unit CX-5 terbaru diujicoba dengan rute Malang-Banyuwangi-Denpasar sejauh 530 kilometer. Sebanyak 24 jurnalis dari berbagai media nasional bergantian mencoba CX-5 terbaru tipe Elite dan Grand Touring selama dua hari test drive, 11-12 Juli 2017. 

Mazda CX-5 terbaru bertarung di segmen SUV yang cukup gemuk bersama Honda CRV, Nissan X-Trail, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, serta Hyundai Tucson. 

WAWAN PRIYANTO

#Mazda CX-5
#Mazda

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi