Mesin Mazda CX-5 Terbaru Lebih Bertenaga
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Rabu, 12 Juli 2017 15:50 WIB
All New Mazda CX-5. 11 Juli 2017. TEMPO/Wawan Priyanto.

TEMPO.CO, Malang - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) akan meluncurkan All New Mazda CX-5 di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 10 Agustus 2017.

Hampir seluruh bagian pada generasi kedua ini mengalami perubahan. Kecuali di sektor mesin yang masih sama dengan model sebelumnya, yakni masih menggunakan mesin berkapasitas 2.5L.

Product Planning EMI Bonar Pakpahan menjelaskan bahwa mesin pada CX-5 terbaru hanya mengalami revisi atau penyempurnaan terhadap control software. Revisi ini berdampak pada peningkatan output sebesar 3PS menjadi 190PS pada 6.000 rpm. Begitu pula dengan torsi, juga mengalami peningkatan sebesar 1 Nm menjadi 251 Nm di rpm yang sama.

"Jadi, Mazda mengoptimalkan mesin lama dengan output yang lebih besar tapi tetap hemat bahan bakar," kata Bonar di sela-sela Mazda CX-5 Media Test Drive di Malang pada Selasa, 11 Juli 2017. 

Baca: Mazda CX-5 Siap Mengaspal, Simak Perkiraan Harganya

Pada CX-5 terbaru, lanjut Bonar, insinyur Mazda memfokuskan pengembangan pada body dan desain yang mengedepankan kenyamanan. Misalnya, reclining seat pada kursi baris kedua yang kini bisa direbahkan lebih dalam lagi. "Ini sekaligus menepis bahwa mobil Sport Utility Vehicle itu kursi belakangnya tegak," ujarnya.

Contoh lainnya, lanjut dia, pemindahan speaker kecil (tweeter) yang semula terletak di sudut dashboard kiri dan kanan, kini diletakkan di bagian pilar A. "Ini juga memperbaiki estetika desain pada dashboard," tuturnya.

Bonar menambahkan, secara desain yang terlihat jelas perubahan adalah pada pilar A. Mazda mereposisi pilar A sekitar 35 milimeter lebih ke belakang dibandingkan model sebelumnya. Desain lampu yang lebih ramping pada bagian depan maupun belakang juga merupakan bagian dari penyempurnaan desain menjadi lebih sporty. Model terbaru CX-5 juga memiliki tingkat gravitasi yang lebih rendah dengan tapak ban depan dan belakang lebih lebar 10 milimeter. 

Simak: Model Baru Siap Masuk, Stok Mazda CX-5 Hampir Habis

CX-5 dibekali fitur mutakhir yang mampu membuat kendaraan tetap stabil ketika bermanuver tajam. Fitur itu adalah G-Vectoring Control (GVC). Fitur GVC merupakan bagian dari Skyactiv Vehicle Dinamics. Fitur ini akan menambah tingkat kenyamanan dan keselamatan berkendara. "Secara teknis, fitur ini mampu membuat mobil tetap stabil ketika digunakan untuk melaju di berbagai kondisi jalan serta saat bermanuver tajam," ujarnya.

Sebelumnya, model ini telah diluncurkan di Filipina. Di Filipina, Mazda memboyong tiga pilihan mesin, yakni 2.0L dan 2.5L bensin, serta 2.2L diesel. Harga yang dilepas di Filipina untuk mesin 2.5L bensin setara dengan angka Rp 500 jutaan.

Mengenai harga ini, Direktur Sales, Marketing, dan PR PT EMI Ricky Thio belum bisa memberikan kepastian. Menurutnya, EMI saat ini masih menghitung secara pasti harga yang akan diumumkan bertepatan dengan hari peluncuran mendatang. "Maaf, kami masih mendiskusikan dan mengkalkulasi harga yang ideal untuk Mazda CX-5," kata Ricky.

Sebelum diluncurkan pada GIIAS mendatang, sebanyak 8 unit CX-5 terbaru diujicoba dengan rute Malang-Banyuwangi-Denpasar sejauh 530 kilometer. Sebanyak 24 jurnalis dari berbagai media nasional bergantian mencoba CX-5 terbaru tipe Elite dan Grand Touring selama dua hari test drive, 11-12 Juli 2017.

CX-5 terbaru bertarung di segmen SUV yang cukup gemuk bersama Honda CRV, Nissan X-Trail, Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, serta Hyundai Tucson. 

WAWAN PRIYANTO

#Mazda CX-5
#Mazda

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi