14 Tahun, Penjualan Toyota Avanza Tembus 1,6 Juta Unit
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Sabtu, 22 Juli 2017 18:02 WIB
Penampilan baru, Grand New Veloz saat diluncurkan di Jakarta, 12 Agustus 2015. Dua mobil MPV terbaru toyota, Grand New Avanza dan Grand New Veloz dikabarkan akan dijual dengan harga sekitar 170 jutaan hingga 220 jutaan. TEMPO/Praga Utama

TEMPO.CO, Jakarta - Toyota Avanza memang layak menyandang gelar mobil sejuta umat. Hal ini dibuktikan dengan hasil penjualan yang fenomenal, yakni 1,6 juta unit sejak pertama kali diluncurkan pada 11 Desember 2003. 

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto optimistis tiga atau empat tahun lagi penjualan Toyota Avanza di Indonesia akan tembus 2 juta unit. "Saat ini penjualannya stabil di angka rata-rata 10 ribu per bulan. Setahun 120 ribu unit, ya tinggal dikalikan saja," kata Soerjo di acara Avanzanation di Jakarta Selatan, Sabtu, 22 Juli 2017. 

Baca: All New Toyota Avanza Diklaim Lebih Irit

Menurut Soerjo, pasar LMPV di Indonesia dari tahun ke tahun semakin membesar dengan munculnya banyak pesaing Avanza seperti Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan Nissan Grand Livina. Pasar di segmen ini dipastikan akan semakin sengit dengan kehadiran model baru LMPV Mitsubishi serta Wuling Confero S. "Kami melihat ini justru positif karena konsumen memiliki lebih banyak pilihan," ujarnya. 

TAM, lanjut Soerjo, merasa cukup nyaman dengan positioning Toyota Avanza saat ini. Ia mengaku tidak khawatir munculnya produk-produk baru di kelas ini akan menggerus pasar Toyota Avanza. 

Simak: Ini Alasan Toyota Avanza Terbaru Diluncurkan 

Dari pengalaman sebelumnya (munculnya produk baru pesaing Toyota Avanza), Soerjo menambahkan, TAM telah memperkirakan pasar Toyota Avanza akan berkurang sekitar 3.000 unit. Tetapi pada kenyataannya, hal itu tidak terjadi. Penjualan Avanza tetap stabil, hingga menembus 1,6 juta unit selama 14 tahun dipasarkan di Indonesia. 

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan kendaraan LMPV pada Januari-2017 didominasi Toyota Avanza dengan 56.484 unit. Terlaris kedua adalah Honda Mobilio (21.771 unit), disusul Daihatsu Xenia (16.882 unit), Suzuki Ertiga (15.182 unit), Daihatsu Luxio (1.937 unit), Suzuki APV (1.808 unit), dan Nissan Evalia (15 unit). 

WAWAN PRIYANTO

#Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi