Fitur Ini yang Membuat Ban Belakang Lexus LC 500 Bisa Berbelok
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Rabu, 26 Juli 2017 21:00 WIB
Lexus LC 500 diluncurkan di Indonesia, 26 Juli 2017. Mobil ini dijual dengan harga Rp 4,3 miliar. TEMPO/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, Jakarta - General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja menjelaskan bahwa salah satu kelebihan dari Lexus LC 500 yang diluncurkan hari ini, Rabu, 26 Juli 2017, adalah ban belakang bisa berbelok mengikuti gerakan roda depan pada saat bermanuver. 

Hal ini dimungkinkan berkat fitur rear wheel steering yang baru pertama kali diaplikasikan pada mobil Lexus. "Ya bisa berbelok saat bermanuver pada kecepatan tinggi, mengikuti gerakan kemudi roda depan," ujar Adiran di Lexus Gallery Menteng, Jakarta Pusat. Interior Lexus LC 500. TEMPO/Wawan Priyanto

Fitur ini merupakan bagian dari Lexus Dinamic Handling system yang dikembangkan Lexus. Fitur ini mengkoordinasikan Electric Power Steering dengan Variable Gear Ratio Steering (VGRS) dan Active Rear Steering (ARS). Hasilnya, mobil dapat bermanuver lebih lincah dan stabil. 

Baca: Lexus Indonesia Luncurkan Sedan Sport LC 500

Lexus LC 500 dibekali mesin V8 berkapasitas 4.969cc, 32 valve DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini sanggup menghasilkan 470HP pada 7.100 rpm dan torsi maksimum 532Nm pada 4.800-5.600 rpm. Mobil ini mampu melaju dengan kecepatan puncak 270 kilometer per jam. 

Tenaga besar disalurkan ke roda penggerak belakang melalui transmisi 10 percepatan otomatis. Sensasi mengemudi dapat dipilih sesuai kebutuhan yakni mode eco, normal, sport, dan sport +. 

Simak: Kuartal I 2017, Penjualan Lexus Indonesia Melonjak 59 Persen

Di sektor keselamatan, Lexus LC 500 dibekali 10 kantung udara (airbags), ABS dengan brake assist, dan fitur stabilitas kendaraan Vehicle Dynamics Integrated Management (VDIM). Fitur ini mengatur dinamika kendaraan, sehingga mobil bisa lebih mudah dikendalikan. Desain sangar pada bagian belakang Lexus LC 500. TEMPO/Wawan Priyanto

Menariknya, mobil dengan desain dua buah knalpot di bagian belakan bawah ini memiliki raungan suara khas mesin V8. Suara "berisik" khas mobil balap ini tetap dapat dinikmai pengemudi meskipun kaca jendela tertutup rapat. "Mobil ini memiliki kesenyapan yang tinggi di bagian kabin. Meski demikian, suara merdu dari knalpot tetap dapat dinikmai saat digeber pada kecepatan tinggi," ujar Adrian. 

Lexus LC 500 dilepas dengan harga Rp 4,29 miliar (on the road Jakarta). Menurut Adrian, Indonesia hanya mendapatkan jatah 10 unit LC 500. "5 unit sudah terjual sebelum diluncurkan. Sisanya optimistis habis sebelum akhir tahun," kata Adrian. 

WAWAN PRIYANTO

#Otomotif
#Lexus

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi