Simak Tips Memilih Ban Off Road untuk Motor Trail
Reporter: Tempo.co
Editor: Ali Akhmad Noor Hidayat tnr
Senin, 31 Juli 2017 21:00 WIB
Model yang pernah menjadi nominasi Asia Hot Angels, Jelly Jelo ternyata sangat suka dengan olahraga, salah satunya yakni Basket Ball dan motor Trail. instagram.com

TEMPO.CO, Jakarta - Kegiatan off road menggunakan motor trail memang mengasyikkan bagi penggemarnya. Selain keadaan mesin, pemilihan ban yang tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk medan off road sangat perlu diperhatikan.

Pemilihan ban bagi atau bisa juga dikatakan untuk motor trail, terlebih lagi yang akan melakukan off road ataupun race, tak bisa sembarangan. Pasalnya, ban yang dipilih akan memberi pengaruh kenyamanan, kestabilan kemudi, dan keamanan di medan off road.

Ditambah lagi yang dengan medan di alam bebas yang tidak mampu ditebak, membuat pemilihan ban ini makin tak mampu dianggap remeh. Mungkin pendapat ban paling baik merupakan ban yang tidak murah mampu menjadi acuan saat memilih ban motor trail.

"Mengapa demikian? Karena dasarnya memang, ban motor trail bagi atau bisa juga dikatakan untuk off road terbagi menjadi tiga tipe, yang masing-masing tipe mewakili kualitas serta kenyamanan melibas medan off road," kata Elon, mekanik bengkel Joesun Motor, di Joesun Motor, Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta, Senin, 31 Juli 2017.

Simak: Seperti Ini Mobil Off-Road Pengganti Land Rover

Bagi offroaders yang memilih budget lebih umumnya akan memborong ketiga tipe ban trail off road ini. Yaitu ban trail off road tipe hard, intermediate, serta ban trail off road tipe soft. Masing-masing tipe ban mewakili fungsinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk melibas tipe medan off road.

Bagi offroaders yang mempunyai budget dibatasi, akan lebih bijak membeli ban trail off road tipe intermediate. Ban Motor Trail tipe ini cocok dipakai di aneka macam medan, baik di medan yang keras berbatu sampai-sampai medan becek serta basah. Tipe ban ini pun handal di jalur yng keras serta licin semisal di pegunungan.

"Di pasaran Indonesia, ada beberapa merk ban trail off road tipe intermediate yang mampu Anda pilih, semisal Bridgestone M403 serta M404, Dunlop tipe Geomax MX51 serta Maxxis tipe Maxx Cross IT," kata dia. "Selain terjangkau, Merk ban trail off road yang telah di sebutkan tidak sedikit dipakai oleh para offroaders lantaran tak butuh repot mengganti ban era melewati medan off road yang berat."

Sebelum mengaspal, tidak hanya kondisi motor trail yang perlu dipersiapkan sebaik mungkin, akan tetapi pun kondisi tubuh offroaders perlu dalam kondisi baik. Berbagai perlengkapan pengendara pun perlu sesuai standar keamanan medan off road.

GRANDY AJI

#Sepeda Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi