Penjualan Mobil Semester I 2017 Hanya Naik 0,3 Persen
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Senin, 14 Agustus 2017 18:25 WIB
Pengunjung memadati arena pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, 10 Agustus 2017. ANTARA FOTO

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua I Asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugianto, mengatakan total penjualan mobil sepanjang semester I 2017 mencapai 597 ribu unit. "Angka ini naik tipis sekitar 0,3 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 533 ribu unit," kata Jongkie di acara seminar Apakah Perekonomian Indonesia Melambat? di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin, 14 Agustus 2017.

Baca: Penjualan Mobil pada Juni Turun 27 Persen, Ini Penyebabnya

Dari total penjualan tersebut, kata Jongkie, penjualan mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) masih menguasai pangsa pasar terbesar di Indonesia. Penjualan MPV mencapai 55 persen dari total penjualan atau 294 ribu unit. Disusul mobil jenis Low Cost Green Car yang sebesar 22 persen dari total penjualan.

Simak: Gaikindo Optimistis Penjualan Mobil 2017 Lebih Kinclong

Meskipun terjadi penurunan penjualan di tingkat retail sebesar 4 persen, Jongkie optimistis target penjualan Gaikindo tahun ini sebanyak 1,1 juta unit dapat tercapai. “Angka penjualan kendaraan bermotor kita sudah mencapai satu juta unit lebih. Kita sudah mengungguli Thailand yang pasar domestiknya 200 ribu dan juga Malaysia yang 600 ribu per tahun,” ujarnya.

ROSSENO AJI NUGROHO | WAWAN PRIYANTO

#Otomotif
#Gaikindo

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi