Kampus Toyota Buka Jurusan Teknik Produksi Kendaraan Roda Empat
Reporter: Tempo.co
Editor: Anisa Luciana pdat
Rabu, 30 Agustus 2017 14:32 WIB
Prosesi kelulusan Wisuda Angkatan II Akademi Komunitas Toyota Indonesia, di Auditorium Hall TIA Karawang 3, Karawang, Jawa Barat, Rabu 30 Agustus 2017. TEMPO/GRANDY AJI

TEMPO.CO, Jakarta - Toyota Indonesia Akademi (TIA), akademi manufaktur otomotif dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), membuka satu jurusan baru setara program Diploma II (D2), yaitu Teknik Produksi Kendaraan Roda Empat.

Langkah itu sejalan dengan semangat dan komitmen Toyota Indonesia, yakni mempercepat ketersediaan tenaga ahli di bidang otomotif dengan target 1.000 tenaga kerja bersertifikasi dalam 10 tahun mendatang.

"Sejalan dengan Toyota Way Continuous Improvement, Toyota Indonesia selalu memberikan perbaikan terus-menerus dalam hal pengembangan SDM, salah satunya dengan mencetak tenaga ahli yang mumpuni tidak hanya dari D1, namun kami tingkatkan melalui lulusan D2," kata Direktur Administasi, Corporate, dan External Affairs PT TMMIN, Bob Azam, di Karawang, Jawa Barat, Rabu, 30 Agustus 2017.

Program pendidikan D2 Teknik Produksi Kendaraan Roda Empat merupakan pengembangan dari program D1 yang diawali dengan mata kuliah dasar umum, keahlian dasar dan praktik lapangan, budaya industi, karakuri (alat bantu produksi buatan anak bangsa yang memanfaatkan grafitasi) dan logisitik.

Baca: Kampus Toyota Indonesia Cetak 32 Teknisi Otomotif

"Penambahan program studi program D2 ini kami harapkan menjadi pendukung akan pemenuhan kebutuhan SDM lokal berkualitas global di Indonesia," ujar Bob.

Program D1 ditempuh selama satu tahun, program D2 akan ditambah program pemagangan dan tugas akhir selama 1 tahun.

Jika angkatan kedua TIA telah menyelesaikan masa studi, maka angkatan ketiga TIA yang terdiri dari 64 siswa dari 30 SMK yang tersebar dari 21 kota dan 12 provinsi akan memasuki masa pembelajaran.

Toyota Indonesia menunjukkan keseriusannya untuk menciptakan tenaga kerja bersertifikasi dengan menggelontorkan dana sebesar Rp 70 miliar hingga 2018 serta menambah area sebesar 1.000 m persegi.

Dalam empat tahun terakhir, Toyota Indonesia yang terdiri dari TMMIN dan TAM mengembangkan dan menjalankan empat pusat pelatihan dan pendidikan, yaitu Toyota Learning Center (TLC) di tiga lokasi dan Toyota Technical Center (TTC) guna meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan karyawan Toyota Indonesia.

ANTARA

#Otomotif
#Toyota

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi