Alasan Mobil Perlu Spooring Balancing Secara Berkala
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Rabu, 6 September 2017 13:38 WIB
Dok: Auto Mirza

TEMPO.CO, Jakarta - Mengejar kenyamanan berkendara banyak faktornya. Salah satunya menjaga kondisi kaki-kaki atau roda pada mobil. Ritual yang seharusnya jadi agenda wajib adalah spooring dan balancing.

“Spooring dan balancing merupakan dua hal berbeda. Spooring sendiri yaitu penyetelan sudut-sudut geometri roda depan atau belakang kendaraan (chamber, caster, toe), yang dapat disetel agar selaras dan disesuaikan,” kata Saiful Anwar, Wakil Kepala Bengkel Plaza Toyota di Pemuda, Jakarta Timur, Rabu 6 September 2017.

Baca: Tips Mendapatkan Hasil Spooring – Balancing yang Memuaskan

Menurut Saiful, masih banyak pengguna kendaraan belum menyadari pentingnya perawatan spooring balancing pada ban mobil.

Spooring adalah sebuah proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal. Dalam artian, sesuai dengan factory setting. Biasanya dua roda depan yang akan diluruskan dan diatur lagi agar kembali seperti sedia kala.

Lanjut Saiful, balancing adalah menyeimbangkan kembali. Yang diseimbangkan adalah empat roda mobil agar putarannya seimbang. Biasanya ini dilakukan setelah penggantian ban atau velg.

Simak: Empat Tanda Mobil Perlu Segera Spooring dan Balancing

Selain itu, Saiful menjelaskan secara detail keuntungan perawatan pada kaki-kaki, khususnya spooring dan balancing, yaitu meningkatkan kenyamanan dalam berkendara, menghemat pemakaian ban, menghindari keausan yang tidak merata pada ban, dan kendali mobil menjadi lebih stabil.

“Terpenting yaitu lakukan perawatan berkala setiap enam bulan sekali, dan pastikan kendaraan aman dan nyaman untuk dikendarai,” ujarnya.

GRANDY AJI

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi