Menjajal Truk Tata Prima LX 2528.K, Pemain Baru di Pertambangan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 14 September 2017 14:58 WIB

TEMPO.CO, Sentul - Tata Motors meluncurkan dump truck Tata Prima LX 2528.K di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD City, Tangerang, 10 Agustus lalu. Truk tersebut didatangkan langsung dari India untuk mengisi segmen truk tambang.

Truk ini dibekali mesin berkapasitas 6.700 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 280 HP pada 2.500 rpm dan torsi puncak 975 Nm pada 1.500 rpm. 

Tenaga dan torsi melimpah ini disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi sembilan speed dan dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 87 kilometer per jam.

Baca: Tata Motors Kenalkan Tata Prima LX 2528.K

Tempo berkesempatan menjajal kehebatan truk Tata Prima LX 2585.K di Offroad Land, Desa Pelangi, Sentul, Jawa Barat. Medan yang dilalui memang bukan area tambang, tapi didesain menyerupai area tambang. Lengkap dengan turunan curam serta belokan tajam, nyaris patah. Di beberapa ruas jalan, dibuat sedikit berlumpur untuk menguji penggerak 6x4. 

Penggerak roda 6x4 juga berfungsi untuk menaklukkan medan bergelombang dengan ketinggian ekstrem. Menariknya, untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah. Hanya dengan menekan tombol pengatur penggerak roda di sisi kiri kemudi di dashboard. Hingga indikator roda penggerak 6x4 menyala di meter cluster. Ketika fitur ini diaktifkan, enam roda di bagian belakang yang terdiri dari 2 axle akan bekerja bersamaan. 

Simak: GIIAS 2017: Tata Prima Menjadi Produk Unggulan Tata Motors

Meski berbodi besar, mengemudikan truk ini terbilang mudah. Hal ini disebabkan radius putar Tata Prima LX 2585.K cukup pendek, membuat truk bongsor ini mudah menaklukkan tikungan tajam.

Customer Care Head Tata Motors Distribution Indonesia (TDMI) Varun Satija mengatakan bahwa truk Tata Prima LX 2528.K didesain untuk sektor pertambangan maupun proyek-proyek infrastruktur. "Memiliki daya angkut yang banyak dan tentunya bertenaga besar," kata Satija di sela-sela sesi test drive. 

Satija menjelaskan, Tata Prima LX 2528.K memiliki gross vehicle weight hingga 25 ton dan menggunakan mesin diesel Cummins berstandar emisi Euro III. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 280 HP pada 2.500 rpm dan torsi puncak 975 Nm pada 1.500 rpm. 

Truk ini menggunakan Bogie Suspension 12 lembar (belakang) dan parabolic di suspensi depan. Posisi U-Bolt pada suspensi belakang ini juga diklaim memudahkan teknisi untuk melakukan perbaikan ketika truk mengalami masalah pada roda belakang. "Umumnya u-bolt pada truk sekelas Tata Prima LX 2528.K terletak di bagian bawah dan agak sedikit menyulitkan ketika melakukan perbaikan pada roda belakang," ujatnya.

Satija mengklaim, Tata Prima LX 2528.K mampu mengangkut batu bara seberat 37 ton sekali jalan.

Truk Tata Prima LX 2528.K cabin chassis dihargai Rp 802,39 juta off the road. Sedangkan Tata Prima LX 2528.K dump truck full karoseri dibanderol dengan harga Rp 992,5 juta on the road. Di pertambangan, truk ini bersaing dengan sejumlah pemain lama seperti Hino, Volvo Trucks, Mercedes-Benz, MAN, dan lainnya. 

WAWAN PRIYANTO


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi