Ingin Performa Motor Matic Galak, Ini Budget yang Dikeluarkan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 15 September 2017 09:05 WIB
Paket yang ditawarkan Ri Matic Shop and Service untuk meningkatkan performa mesin matic di Jalan Pondok Kopo Raya blok F4 No 5, Pondok Kopi, Jakarta Timur, Kamis 14 September 2017. TEMPO/GRANDY AJI

TEMPO.CO, Jakarta - Motor matic yang telah lama dipakai akan mengalami penurunan performa. Biasanya diawali dengan akselerasi yang lambat dan mesin mulai bergetar. Untuk meningkat performa perlu adanya perubahan pada sektor CVT agar motor matik agar lebih galak.

"Paketan hemat kami Rp 510 ribu, Rp 850 ribu atau Rp 1 juta. Kami kustom kampas ganda dan mangkok CVT standar, sisanya part racikan dari sini semua," kata Baim, mekanik bengkel RI Matic kepada Tempo, yang berlokasi di Jalan Pondok Kopi Raya Blok F4 No 5, Pondok Kopi, Jakarta Timur, Kamis 14 September 2017.

Baca: Agar Gardan Motor Matik Berumur Panjang

Menurut Baim, biasanya mengubah lapisan kampas kopling standar motor dengan ukuran yang lebih panjang. Menurut dia, cara membuat kampas kopling lebih mengigit mangkok CVT. "Semua motor matik hampir sama, cengkraman kampas kopling kurang. Gimana caranya supaya tidak delay, kami panjangin," kata Baim.

Sementara untuk mangkok CVT, Ikim melakukan ubahan dengan membuat lubang di sudutnya. Ia menuturkan mangkok ini didesain agar lebih cepat melepas panas menyesuaikan ubahan pada bidang kampas kopling.

"Mangkok kami kustom khusus buat melepas panas, lebih nge-grip, sama meminimalisir debu. Itu dibolongin, tentu ada itungannya," katanya.

Baca: Mudik dengan Motor Matik? Perhatikan Beberapa Hal Ini

Adapun part lainnya yang termasuk dalam paket upgrade performa untu Motor matic yaitu per sentrifugal, damper, dan per CVT. Khusus komponen terakhir ini, Baim menggarap dengan karakter kekerasan di bawah merek racing.

"Bawaan pabrik terlalu lembek, kalo racing terlalu keras. Per nggak boleh terlalu lembek atau keras biar (putaran) atas-bawah dapat," ujarnya.

GRANDY AJI

#Sepeda Motor
#Kotamadya Jakarta Timur | DKI Jakarta

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi