Yamaha MOTOROid Bisa Diperintah dengan Lambaian Tangan
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 12 Januari 2018 15:06 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Yamaha memperkenalkan purwa rupa robot motor tanpa pengendara bertenaga listrik yang dinamai "MOTOROid" yang bisa berinteraksi dengan manusia, pada pameran Consumer Electronics Show (CES) 2018 di Las Vegas, pekan ini.

Menggunakan lambaian tangan, Kinji Asamura pimpinan proyek Yamaha Motor Innovation Center, memanggil motor tanpa pengendara itu ke hadapan pengunjung di anjungan Yamaha.

Konsep motor listrik MOTOROid itu kemudian berdiri dalam posisi seimbang dan tidak bergerak dari posisinya kendati Asamura mencoba mendorongnya.

Baca: Selain Motobot, Yamaha Pamerkan Robot Motor MOTORid di CES 2018

Motor menyerupai robot yang cocok ditampilkan pada film laga futuristik itu melewati produksi model Yamaha Super-Bike yang mampu melaju hingga 200 kilometer per jam di sebuah trek uji.

"Sepeda motor adalah masa lalu, dan MOTOROid adalah masa depan," kata juru bicara Yamaha John Boreland kepada AFP, Kamis, 11 Januari 2018, waktu setempat.

Yamaha displays memperkenalkan motor masa depan, MOTOBOT Ver.2, autonomous yang dikendarai sebuah robot dalam Tokyo Motor Show yang ke-45 di Tokyo, Jepang, 25 Oktober 2017. REUTERS

"Tujuannya adalah melihat pelajaran apa yang bisa dipelajari untuk menghubungkan mesin dengan manusia secara lebih efektif," kata John Boreland.

Simak: Yamaha Menguji Valentino Rossi Balap dengan Robot, Pemenangnya?

Sebelumnya, Yamaha telah memiliki motor robot "Motobot" yang mampu melaju kencang namun hanya mengandalkan rute perjalanan yang sudah diprogramkan, menurut Yamaha.

Pelajaran yang didapatkan Yamaha dari model penelitian itu menemukan bahwa "manusia bereaksi jauh lebih cepat," menurut Boreland,

Motoroid memiliki fitur otonom antara lain mampu menjaga keseimbangan dengan sendirinya, mengenali pengendara, dan bisa dipanggil menggunakan gelombang.

Sayap di bagian belakang tempat duduk MOTOROid dirancang dengan bantuan psikolog untuk memijat punggung pengendara guna memberikan ketenangan dan meredam emosi, guna menghindari potensi bahaya saat pengendara melaju dalam kecepatan tinggi, ucap Boreland.

Di sisi lain, Boreland menjelaskan bahwa robot motor Yamaha itu tidak dijual di pasaran.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi