Maksimal Penggunaan Ban Lebar Sepeda Motor Dua Tingkat di Atasnya
Reporter: Naufal Shafly
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 30 Januari 2018 19:22 WIB
Seorang montir memasang ban sepeda motor pelanggan di bengkel, Meruya, Jakarta, 21 Juni 2017. Pemudik sepeda motor mempersiapkan motornya untuk mudik ke kampung halaman. TEMPO/Fajar Januarta
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Penggunaan ban lebar pada sepeda motor dewasa ini sedang menjadi tren. Lantas, bagaimana jika pengendara ingin mengganti ban standar dengan ban lebar? Supervisor Training Proban Motorparts Tommy Bramantya menjelaskan, penggantian ban sepeda motor normalnya harus disesuaikan dengan ukuran velg.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurutnya, velg ukuran standar tidak bisa dipasangkan dengan ban ukuran lebar. “Biasanya, pabrikan merekomendasikan pemakaian lebar ban yang ideal adalah dua sampai tiga kali lebih lebar dari lebar velg,” ujarnya saat ditemui Tempo di PT Proban Ostburg Trisakti pada Rabu, 10 Januari 2018.

Baca: Keuntungan dan Kerugian Pemakaian Ban Lebar di Sepeda Motor

Selain itu, ia mengingatkan agar memperhatikan jarak antara ban dan shock breaker jika ingin mengganti ban standar dengan ban lebar. Sebab, makin lebar ban, maka akan membutuhkan ruang yang cukup luas.

“Contoh, untuk ban depan kan ada shock breaker di samping kiri dan kanannya, nah, itu maksimalnya bisa masuk ukuran berapa, itu harus dipertimbangkan,” kata Tommy.

Baca: Tip Memilih Ban Sport yang Nyaman untuk Harian

Tommy mengatakan penambahan lebar ban sebaiknya hanya dinaikkan satu tingkat agar masih dalam batas aman. Dia mencontohkan, jika ukuran asli ban 90/90, idealnya diganti dengan ukuran 100/90 atau 100/80 agar masih termasuk batas aman. Jika lebih dari itu, perhatikan ukuran velg sepeda motor dan ruas ban dengan shock breaker.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi