Jawaban Toyota dan Daihatsu Soal Harga Murah Wuling Cortez
Reporter: Naufal Shafly
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 10 Februari 2018 13:29 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Wuling Cortez baru saja diluncurkan dengan harga mulai Rp 218 juta, secara fitur mobil tersebut bersaing dengan Toyota Kijang Inova yang dijual dengan harga mulai dari Rp 302 juta. Dari segi harga, Cortez bahkan lebih murah dari harga Toyota Avanza 1.5 G transmisi manual, yang dijual Rp 220,6 juta.

Padahal, Wuling bisa dibilang tidak pelit dalam hal fitur. Fitur Wuling Cortez, misalnya, umum dijumpai pada mobil-mobil mewah. Fitur itu di antaranya penggunaan sunroof dan kursi yang dapat diatur secara elektronik.

Baca: Belum Resmi Meluncur, Wuling Cortez Sudah Laku 92 Unit

Vice President of Vehicle, Sales, Service and Marketing (VSSM) Wuling Motors Cindy Cai mengatakan Wuling Motors ingin memberikan value terbaik bagi konsumen di Indonesia. “Kami telah melakukan studi panjang terkait dengan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia, termasuk dalam hal harga,” ujarnya di sela-sela peluncuran Wuling Cortez di Jakarta, Kamis, 8 Februari 2018.

Menanggapi hal Wuling Cortez yang jauh di bawah harga Toyota Kijang Innova,  ‎Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengatakan hal tersebut membuat calon pembeli memiliki pilihan baru. “Jadinya kan market industri otomotif akan lebih bagus,” katanya saat dihubungi Tempo pada Jumat, 9 Februari 2018.

Simak: Perbandingan Spesifikasi Wuling Cortez vs Toyota Kijang Innova

Dirinya enggan mengatakan apakah peluncuran tersebut akan menggangu penjualan Innova. “Nanti kita lihat saja hasilnya seperti apa. Intinya kami mengapresiasi setiap kompetitor yang melakukan improvisasi atau peluncuran produk baru.”

Ia juga menambahkan Toyota memiliki line-up yang lengkap guna bersaing dengan produsen asal Cina yang memiliki produk dengan harga murah.

“Mulai dari LCGC sampai level premium kita udah punya produknya. Kalau diurutkan kita yang paling lengkap,” kata pria yang akrab disapa Soerjo tersebut.

Simak: Wuling Cortez Dipasarkan, Begini Persaingan di MPV Medium

Senada dengan Soerjo, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan bahwa dengan munculnya produk dari Cina akan membuat konsumen memiliki banyak pilihan.

“Bagus lah, ada banyak pilihan buat konsumen. Konsumen Indonesia jadi bisa menentukan pilihan,” kata Amelia saat dihubungi Tempo pada Jumat, 9 Februari 2018 melalui sambungan Telepon.

Ia juga mengaku tak khawatir kemunculan Wuling Cortez akan mengganggu pasar Xenia yang secara harga tidak jauh berbeda. “Ah itu sih tergantung pilihan konsumen aja, bagus lah mereka jadi punya banyak opsi” ujar Amelia.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi