Bodi Bongsor dan Mesin 1.5L, Harga Suzuki Ertiga Naik Rp 9 Juta?
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 15 April 2018 12:33 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Suzuki Ertgia terbaru dikabarkan menggunakan mesin 1.500cc. Mesin ini memiliki kubikasi yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya, 1.400cc. Penambahan kapasitas mesin diduga untuk mengimbangi dimensi Suzuki Ertiga terbaru yang kini lebih bongsor.

Suzuki memang memiliki mesin berkapasitas 1.500cc. Mesin itu kini dipakai di Suzuki S-Cross SX4. Mesin ini berkode M15A, dengan kapasitas murni 1.491 cc 4 silinder. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 109 dk pada 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Mesin M15A ini menggunakan bahan aluminimum yang dapat menghasilkan torsi merata pada saat putaran mesin rendah. Suzuki mengklaim performa mesin prima dan irit bahan bakar.

Baca: Inilah Calon Mesin Suzuki Ertiga Siap Lawan Mitsubishi Xpander

Opsi kedua, Suzuki melakukan bore up pada mesin K14B (digunakan di Suzuki Ertiga yang saat ini dipasarkan). Mesin lama ini cukup handal karena banyak digunakan pada beberapa jenis mobil Suzuki. Tentu soal efisiensi dan konsumsi bahan bakar sudah teruji saat dipasangkan dengan Suzuki Ertiga versi lama. Peningkatan kapasitas ini diduga meningkatnya dimensi Ertiga baru.

Renderan Suzuki Ertiga berdasarkan siluet dan bocoran yang muncul saat pengujian. Sumber: autocarindia.com

Suzuki Ertiga anyar dengan mesin baru dan desain baru ini tentu akan berdampak harga jual yang lebih tinggi dibanding model sebelumnya. Suzuki Indomobil Sales memang belum mengeluarkan harga resmi untuk mobil yang bermain di segmen Low MPV bersaing dengan Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Honda Mobilio ini.

Baca: Kejar Xpander, Suzuki Ertiga World Premiere di Indonesia Meski demikian, seorang sales mobil Suzuki memberikan bocoran terkait kisaran harga jual Suzuki Ertiga terbaru. Sales yang mengaku dari sebuah dealer Suzuki di kawasan Jakarta Selatan itu menuturkan bahwa harga termahal Suzuki Ertiga sekitar Rp 240 juta.

Harga ini lebih mahal Rp 9 juta dibanding Suzuki Ertiga tipe tertinggi (GX AT ABS Rp 231 juta) yang saat ini dipasarkan. Sementara itu, tipe terendah Ertiga yang saat ini dipasarkan adalah tipe GA Rp 190 juta. “Suzuki Ertiga sudah bisa booking, pak. Tanda jadi Rp 5 juta,” tulis sales itu yang enggan disebutkan namanya melalui pesan singkat WhatsApp, 11 April 2018.

Baca: Suzuki Ertiga Sudah Dites di Indonesia, Ini Penampakannya

Menurut sales itu, Suzuki Ertiga terbaru akan diluncurkan di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 19-29 April 2018.

Petinggi Suzuki Indonesia masih menutup rapat mengenai informasi detail Ertiga terbaru. Di berbagai kesempatan, Deputy Managing Director 4Wheel PT SIS, Setiawan Surya, mengatakan tampilan Suzuki Ertiga akan berubah mengacu pada survei terhadap selera konsumen di Indonesia. Meski Suzuki Ertiga akan mengalami major change namun Ertiga baru tetap menggunakan platform mesin yang telah digunakan Suzuki Ertiga saat ini.

"Karena itu mesin yang sudah baru, yang andal," tambahnya. Ada kemungkinan besar mesin baru menggunakan platform sama hanya naik kapasitas.

Saat ini, Suzuki Ertiga dibekali mesin berkapasitas 1.373 cc (1.4-liter) dengan tipe mesin K14B, yang mampu menghasilkan tenaga 92 ps/6.000 rpm, dan torsi maksimum 130 Nm/4.000 rpm.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi