Suzuki Ertiga Lama Diskon Gila-gilaan di IIMS 2018
Reporter: Bisnis.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 23 April 2018 06:00 WIB
Aktivitas final inspection di pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Pabrik ini memproduksi Suzuki Ertiga dan Karimun Wagon R. 19 Februari 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mempercepat peluncuran Suzuki Ertiga generasi teranyar. Alhasil perusahaan mempunyai pekerjaan rumah untuk menghabiskan stok mobil kecil serbaguna (LMPV) versi sebelumnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang kuartal I/2018 penjualan pabrik ke dealer Ertiga generasi pertama naik 30,97 persen dibandingkan periode yang sama 2017, atau menjadi 11.267 unit. Padahal lazimnya agen pemegang merek (APM) akan mengurangi stok versi lama sebelum yang terbaru diperkenalkan.

4W Group Head of Dealer Sales SIS Randy Rezki Murdoko mengatakan perusahaan sudah memperhitungkan hal tersebut. Dia yakin stok Ertiga lama akan habis bulan depan.

Baca: All New Suzuki Ertiga Resmi Meluncur, Ini Spesifikasinya

“Program konsumen untuk model lama diberikan diskon besar sekali. Potongan harga Rp31 juta untuk semua model [Ertiga lama],” katanya di Indonesia International Motor Show atau IIMS 2018, JIExpo Kemayoran, pekan lalu.

Randy menjelaskan hal itu tidak akan menggangu keuntungan perusahaan. Seperti diketahui, Ertiga menjadi tulang punggung SIS untuk kendaraan penumpang.

Model ini berkontribusi 31,65 persen terhadap volume pasokan ke dealer SIS sepanjang 2017, atau 35.338 unit. Angka itu bahkan melebihi capaian kendaraan niaga Suzuki Carry.

Adapun SIS menargetkan penyegaran Ertiga akan memberikan stimulus positif. Perusahaan membidik kenaikan penjualan Ertiga sebanyak 60 persen tahun ini.

Baca: Tukar Tambah All New Suzuki Ertiga di IIMS 2018, Ini caranya

“Saat ini pemain banyak, tapi model kami ini terbaru. Kami optimistis ikut bermain dengan jumlah yang kami harapkan bisa cukup besar,” kata 4W Deputy Managing Director SIS Setiawan Surya.

Mengutip data Gaikindo, sepanjang 2017 Ertiga membukukan penjualan pabrik ke diler sebanyak 35.338 unit. Mobil ini menguasai 11,71 persen segmen LMPV. Dengan kenaikan penjualan 60 persen, Ertiga berpotensi meningkatkan pangsa pasar hingga 19 persen.

Head Of 4W Brand Development & Marketing Research SIS Harold Donnel mengatakan Ertiga anyar mengusung konsep the New Face of Urban MPV. Hal ini merupakan hasil analisis perusahaan.

“Pengguna Ertiga kebanyakan keluarga dengan jumlah anak kurang lebih dua orang, berumur 5—10 tahun,” katanya.

Oleh karena itu pembaruan Ertiga bersifat elegan dengan penambahan dimensi kendaraan. Panjang Ertiga terbaru bertambah 130 mm, sedangkan bodinya juga melebar sebanyak 40 mm. Dengan ubahan ini, penumpang kursi baris ketiga akan memiliki ruang kaki lapang.

Adapun Suzuki Ertiga pertama kali muncul di Indonesia berupa mobil konsep dengan nama R-III di IIMS 2010. Kemudian bentuk produksi massal mobil ini tampil perdana di ajang Auto Expo 2012, New Delhi, India pada 2012 dengan nama resmi, Suzuki Ertiga.

Indonesia dipilih Suzuki sebagai negara pertama untuk peluncuran Ertiga generasi kedua dengan memanfaatkan panggung IIMS 2018. SIS mengatakan mobil ini didesain secara global dengan banyak mendapatkan inspirasi dari Indonesia.

BISNIS

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi