5 Hal yang Diperhatikan Saat Mudik Menggunakan Mobil Rental
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 17 Mei 2018 19:44 WIB
Ilustrasi mudik lebaran. Dok. TEMPO/ Ayu Ambong
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Musim mudik 2018 segera tiba, mereka yang tidak memiliki mobil akan memilih mobil rental untuk dipakai mudik. Lalu bagaimana dan apa saja yang diperhatikan dalam memilih mobil rental?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Arif, pemilik Adelia Rental di Gunung Putri, Bogor, menerangkan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih mobil rental, seperti ke mana kita akan pergi menggunakan mobil itu. "Jika dirasa cukup jauh, misalnya antarkota atau antarprovinsi, pilihlah mobil dengan spesifikasi yang dianggap mampu melintasi jalan tersebut dengan baik,” katanya, Kamis, 17 Mei 2018.

Ia menambahkan, sesuaikan mobil dengan berapa banyak penumpang yang dibawa. Saat mudik, misalnya, kebanyakan orang mengajak sanak saudara sehingga butuh mobil yang mampu menampung banyak penumpang.

Baca: Daftar Harga Sewa Mobil Rental untuk Mudik 2018

“Seperti mobil-mobil MPV (multipurpose vehicle) yang banyak kita kenal, (seperti) Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Luxio, Gran Max, dan Suzuki Apv. Kebanyakan orang yang ingin mudik memang lebih memilih mobil MPV karena muat banyak penumpang 5dan cukup untuk membawa barang,” kata Arif.

Perlu diperhatikan juga harga saat menggunakan mobil rental. Perhatikan harga yang ditawarkan antara satu rental dan rental lain. “Biasanya, soal harga, antara rental yang satu dengan yang lain tidak jauh berbeda karena sudah ada pasarannya,” ujar Arif.

Untuk mudik, Arif mengatakan sudah disediakan paket penggunaan sepuluh hari. Untuk mobil sekelas Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Luxio, Gran Max, dan Suzuki Apv dibanderol Rp 6 juta dan untuk mobil sekelas Toyota Kijang Innova dihargai Rp 7 juta.

Pada bagian teknis yang merupakan faktor utama kenyamanan dan keamanan saat berkendara, juga tidak kalah penting. Arif menjelaskan, periksa keadaan ban, seperti tinggi kembang ban dan tekanan angin. Periksa juga tekanan angin ban serep, kelengkapan kunci, dan kotak pertolongan pertama pada kecelakaan.

Baca: Adira Tawarkan Asuransi Mudik 2018, Simak Manfaatnya

Arif melanjutkan, periksa apakah rem berfungsi dengan baik. Selanjutnya, pastikan semua kelistrikan mobil berfungsi dengan baik, seperti lampu utama, lampu rem, dan lampu sein. “Pemilik rental biasanya punya bengkel sendiri atau paling tidak punya mekanik langganan. Jadi, sebelum pergi jauh, mobil diperiksa keadaannya,” tuturnya.

Hal senada dikatakan Alan, Kepala Mekanik Bengkel GN Auto Service di Cileungsi, Bogor. Ia menuturkan, dalam memilih mobil rental untuk mudik harus dipastikan dulu mobil dalam keadaan sehat. “Mobil yang sehat bisa dilihat dari perawatan yang baik, seperti ban yang masih dalam kondisi kembang yang tinggi, rem dan kopling yang masih berfungsi maksimal,” ujarnya.

“Untuk memeriksa keadaan rem yang sudah habis biasanya terdengar saat menginjak rem berbunyi karena kanvas yang habis bergesekan dengan piringan. Pada kopling, tenaga yang berkurang, sering terjadi slip kopling, dan keras saat diinjak,” ucapnya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi