Carsome: Penjualan Toyota Avanza Naik Menjelang Mudik 2018
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 8 Mei 2018 13:36 WIB
Penjualan mobil bekas. TEMPO/Eko Siswono Toyudho
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Penjualan di Carsome, platform jual-beli mobil bekas online, mengalami kenaikan menjelang mudik 2018. Toyota Avanza merupakan idola para konsumen, yang mungkin akan dibawa mudik bulan depan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Andreas Djingga, Country Manager Carsome Indonesia, mengatakan bulan Mei adalah momentum yang sangat baik untuk penjualan mobil di Indonesia. “Biasanya mudik Lebaran banyak orang yang mencari mobil, terutama mobil MPV yang mampu bawa banyak penumpang,” katanya saat konferensi pers di Crowne Plaza Jakarta, Tiara Ballroom, pada Senin, 7 Mei 2018.

Baca: Carsome Buka Jual Beli Mobil Bekas, Ini Keunggulannya

Menjelang mudik Lebaran, peningkatan penjualan di Carsome ada pada mobil multi-purpose vehicle (MPV), terutama Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. “Dari segi harga juga melonjak naik, jadi secara permintaan pun dealer berani kasih harga lebih tinggi. Penjual pun tahu kalau mobil ini memang memiliki harga jual yang tinggi,” kata Andreas.

Andreas juga menerangkan bahwa permintaan mobil di Mei akan menjadi yang paling tinggi. Mei, kata dia, menjadi momentum untuk menjual mobil sebanyak mungkin.

Carsome setiap bulannya mengalami pertumbuhan transaksi jumlah penjualan yang cukup signifikan, yaitu 20 persen. Momen mudik 2018 dan Lebaran diprediksi akan mendongkrak transaksi menjadi 30 persen pada Mei 2018.

Menurut Andreas, transaksi mobil bekas di Asia Tenggara sekitar 5 juta mobil per tahun. Adapun 2 juta transaksi ada di Indonesia. “Kami percaya inovasi ini akan membawa angin segar dalam industri penjualan dan pembelian mobil bekas di Indonesia.”

Baca: Penjualan Toyota Tertekan Kompetitor, TAM Pakai Strategi Bertahan

“Ke depannya hanya dealer-dealer yang akan kita jaring. Sedangkan kalau operasional masih di Jakarta, jadi mobil-mobil dari Jakarta kami buang ke daerah. Sehingga kami tidak perlu set up di setiap kota,” tuturnya.

Kriteria dealer yang ingin bergabung dengan Carsome, menurut Andreas, adalah yang penting memiliki showroom yang jelas. “Kami melihat potensi pasar yang sesuai dari model bisnis yang kami usung karena tidak banyak platform daring yang tersedia, yang menyediakan layanan proses menyeluruh kepada konsumen," ujarnya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi