Lelang Mobil Bekas Meningkat Menjelang Mudik 2018, MPV Laris
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 20 Mei 2018 15:00 WIB
Pusat penjualan mobil bekas. TEMPO/Seto Wardhana

GOOTO.COM, Jakarta - Presiden Direktur IBID Balai Lelang Serasi Daddy Doxa Manurung mengatakan bahwa lelang mobil bekas yang dikelola perusahaannya mulai mengalami peningkatan menjelang musim mudik 2018. Peningkatan lelang sebesar 10-15 persen mulai terasa sejak April hingga Mei 2018.

“Yang menjadikan daya tarik beli lelang adalah berbeda dengan beli di showroom. Kami menawarkan berbagai kondisi, variasi, dan banyak pilihan sesuai budget,” kata Doxa kepada Tempo di sela-sela acara buka puasa bersama di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 17 Mei 2018.

Baca: Penjualan Jelang Mudik, Mobil88: MPV Paling Laris, SUV Menguat

Menurut Doxa, kenaikan lelang didominasi oleh konsumen yang mencari mobil keluarga (Multi Purpose Vehicle/MPV). “Kita tahu tren mudik saat ini memakai mobil MPV yang muat banyak penumpang dan bisa manampung barang. Seperti Toyota Avanza, Suzuki APV dan Suzuki Ertiga, Daihatsu Luxio dan Daihatsu Gran Max,” ujarnya. 

Ia melanjutkan variasi mobil yang tersedia mencapai 300 sampai 400 unit yang meliputi objek lelang yang dikelola IBID. Objek lelang cukup beragam mulai dari kendaraan mobil dan motor, alat berat, hingga gadget seperti laptop dan komputer.

Doxa juga menjelaskan bahwa keuntungan beli melalui lelang di IBID adalah transparansi yang tinggi pada semua objek lelang. Ia mencontohkan untuk mobil sendiri semua kondisi mobil secara detail tertera pada kaca mobil.

Baca: Toyota Dominasi Penjualan di Carsome, Dua Merek Kurang Diminati

Objek lelang didominasi oleh mobil sebanyak 88 persen, disusul motor 7 persen, dan gadget 5 persen. Saat ini, IBID sudah memiliki 10 kantor cabang dengan jangkauan lelang hingga 30 kota di Indonesia.

Lelang dilakukan rata-rata 50 kali setiap bulan dan mampu menjual diatas 2.000 unit kendaraan per bulan di seluruh Indonesia. “Untuk di Jakarta sendiri kegiatan balai lelang dilaksanakan setiap hari Rabu dan Sabtu mulai pukul 13.00 WIB,” ujarnya.

Selama tahun 2017, mobil yang paling banyak terjual melalui IBID Balai Lelang Serasi adalah tipe MPV. Doxa juga memaparkan bahwa perusahaan saat ini tengah menjajaki kemungkinan lelang mobil bekas secara online, yakni dengan menggunakan foto dan video.

“Melihat tingginya permintaan, IBID Balai Lelang Serasi melakukan pembaruan pada website sehingga masyarakat tidak hanya dapat mengikuti lelang secara onsite tetapi juga secara online,” kata Doxa.

#Mudik 2018
#Mobil Bekas
#Mudik
#Lebaran 2018
#Lebaran

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi