Mudik 2018: Tol Fungsional Gratis, Jakarta-Surabaya Rp 344 Ribu
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 26 Mei 2018 12:18 WIB

GOOTO.COM, Pemalang - Pemerintah memastikan mudik 2018 bisa melalui jalur tol Jakarta-Surabaya tanpa putus. Nah, pertanyaannya, berapa biaya yang harus dikeluarkan pemudik untuk menempuh jalan tol sejauh 759 kilometer itu?

Tarif tol Jakarta-Surabaya dipatok berdasarkan rute yang dilalui. Tarif Jakarta-Surabaya dipatok sebesar Rp 344 ribu dengan rincian Jakarta-Semarang Rp 173 ribu dan Semarang-Surabaya Rp 171 ribu. Sementara itu, tarif tol Surabaya-Malang Rp 18 ribu, Surabaya-Pasuruan Rp 22 ribu, Jakarta-Merak Rp 48 ribu, Jakarta-Ciawi Rp 6.500, dan Jakarta-Bandung (Cileunyi) Rp 61.500.

Baca: 98 Dealer Resmi Honda Siaga di Jalur Mudik 2018 Jalan tol fungsional yang akan dibuka pada arus mudik 2018 meliputi ruas tol Pemalang-Semarang, Salatiga-Solo, Solo-Ngawi, dan Kertosono-Wilangan. “Jalan tol fungsional gratis,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat meninjau kesiapan jalan tol fungsional Pemalang-Batang, Sabtu, 26 Mei 2018.

Menurut Menteri Basuki, jalan tol fungsional akan dilengkapi rest area tipe A dan tipe B setiap 20 kilometer. “Tipe A dilengkapi fasilitas seperti musala dan toilet. Saat ini itu sedang tahap pembangunan. Airnya juga sudah ada,” ujarnya.

Baca: TRAC Tawarkan Mobil untuk Mudik 2018, Fasilitas Melimpah

Adapun rest area tipe B, tutur dia, memiliki ukuran yang lebih besar dan fasilitasnya lebih lengkap. Misalnya dilengkapi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), toilet, dan musala.

Berdasarkan pantauan Tempo yang ikut dalam rombongan Kementerian PUPR, saat ini jalur tol Pemalang-Batang sejauh 39 kilometer sudah dibeton sepanjang 11 kilometer. Selebihnya masih berupa krikil dan tanah merah. Di sepanjang jalur ini juga masih dilakukan pembangunan rest area, gardu tol sementara, dan lainnya.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi