Menguji Kemampuan All New Suzuki Ertiga di Bali Selatan
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 29 Juni 2018 13:30 WIB
All New Suzuki Ertiga 2018
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Denpasar - Bali Selatan merupakan kawasan yang cukup ramai. Lalu lintasnya juga padat merayap, terutama di kawasan wisata paling populer di Bali yakni di Kuta. Pagi, siang, hingga malam hari kawasan ini memiliki tingkat kepadatan lalu lintas yang lebih tinggi dibanding daerah lain di Bali.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nah, kondisi ini rasanya cocok untuk menguji performa mesin All New Suzuki Ertiga yang diklaim lebih hemat 3,3 persen dibanding mesin model sebelumnya dalam hal konsumsi bahan bakar. Tempo bersama 40 junalis lainnya menjajal mobil keluarga 7 penumpang ini pada Kamis, 28-29 Juni 2018.

Baca: All New Suzuki Ertiga Segera Diekspor ke 20 NegaraHead of 4W Brand Development and Marketing ResearchPT Suzuki Indomobil Sales Harold Donnel mengatakan bahwa kontur daerah di Bali Selatan yang beragam dapat mewakili pembuktian akan kenyamanan berkendara bersama All New Suzuki Ertiga. "Kami ingin memberikan kesempatan para peserta untuk merasakan All New Suzuki Ertiga sambil mengunjungi tempat-tempat eksotik di Bali. Rutenya juga menantang, dengan jalanan padat lalu lintas, tanjakan serta turunan curam,”kata Harold di Bali, Jumat, 29 Juni 2018.

Dalam test drive kali ini Suzuki menyiapan 10 unit All New Ertiga bertransmisi otomatis dan manual. Setiap unit berisi 4 orang. Masing-masing grup diberi tantangan berita Liga Irit bahan bakar. Tutup tangki mobil ditutup dengan sticker khusus, tombol AC di dashboard juga diamankan dengan sticker agar fiturnya tetap menyala selama perjalanan berlangsung.

Selain rute menantang dan Liga Irit BBM, berbagai kegiatan juga digelar di Pantai Pandawa seperti Zig Zag and Parking Challengedan Baggage Challenge. "Peserta dapat menjajal dimensi baru All New Ertiga yang lebih lapang dari generasi sebelumnya, desain interior yang lebih elegan dan kabin yang lebih luas, serta fitur keamanan yang mumpuni," ujarnya.  

Baca: Saingi Kompetitor, Suspensi All New Suzuki Ertiga Disempurnakan

Harold menambahkan bahwa All New Suzuki Ertiga memiliki tampilan yang kokoh, namun volumenya ringan karena menerapkan platform baru HEARTECT. Secara bobot, lanjut dia, model terbaru ini lebih ringan 50 kilogram dibanding model sebelumnya.

Bobot ini menjadi hal yang penting bagi sebuah kendaraan keluarga. Rasio mesin 1.500 cc bertenaga 104PS dengan torsi 138 Nm terhadap bobot kendaraan cukup seimbang yang membuat laju mobil tetap responsif meski berisi beban penuh. Tenaga ini cukup terasa sejak mesin di putaran bawah.

Platform baru ini selain memberikan performa yang semakin baik, juga didesain untuk dapat melindungi penumpang saat berkendara di berbagai medan.  Secara dimensi, ruang kabin All New Suzuki Ertiga memang lebih luas dibanding model sebelumnya.

Tempo sempat menjajal duduk di kuris baris kedua dan ketiga. Kuncinya adalah terletak di kursi baris kedua yang dapat diatur maju mudurnya. Hal ini akan membuat ruang kaki di kursi baris ketiga bertambah lebar. Artinya, fungsionalitas kabin dapat dioptimalkan berkat fleksibilitas pengaturan kursi baris kedua dan ketiga. Di kursi baris ketiga dapat direbahkan untuk mengoptimalkan ruang bagasi.

Kira-kira berapa kilometer per liter ya konsumsi BBM All New Suzuki Ertiga? Simak ulasan selanjutnya di Tempo.co dan Gooto.com.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi