Kenali Gejala Rantai dan Gear Sepeda Motor Mulai Aus
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 20 September 2018 09:02 WIB
Ilustrasi rantai sepeda motor. 20 September 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Bogor - Rantai pada sepeda motor memiliki fungsi penting, yaitu sebagai pemindah tenaga dari mesin ke roda belakang sebagai penggerak kendaraan. Lalu, apa tanda-tanda jika rantai sudah minta diganti?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mekanik bengkel Sabar Motor, Feri Febrian mengatakan bahwa rantai yang sudah waktunya diganti dapat dikenali dengan mudah. Pertama, rantai mulai renggang. Akibatnya antara rantai dan gear tidak presisi lagi.

Baca: Tips Merawat Velg yang Sudah Dicat Ulang pada Sepeda Motor

Kedua adalah, rantai sulit untuk disetel karena gear dan mata rantai yang sudah aus. "Biasanya sulit untuk disetel dan tidak lama pasti akan kendur lagi," katanya kepada Tempo di bengkel Sabar Motor, Cileungsi, Bogor, 19 September 2018.

Ketiga, tergantung perawatan dan umur. "Kalau rantai sering dikasih pelumas pasti akan awet karena mengurangi gesekan yang memicu terjadinya keausan rantai dan gear. Tapi jika sudah dirawat rantai mulai renggang dan tidak presisi itu memang umurnya dan sudah minta diganti," katanya.

Kemudian, kalau mata gear sudah aus tapi mata rantai masih bagus, menurut Feri lebih baik segera ganti gearnya. Karena bisa saja rantai dan gear mengalami selip akibat gear yang sudah aus sehingga keduanya tidak presisi lagi.

Baca: 6 Pengecekan Sepeda Motor Sebelum Digunakan untuk Berlibur

Lalu bagaimana dengan potong ruas rantai yang sudah merenggang. Menurut Feri hal tersebut tidak akan berpengaruh pada rantai, karena jika mata rantai sudah merenggang mau dipotong pun tetap renggang dan tidak berpengaruh pada rantai. 

"Jika rantai sudah merenggang dan mata gear sudah aus yang ditandai dengan mata gear yang lancip, sebaiknya langsung diganti," ujarnya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi